Menu

Puskesmas Kota Depok Siap Cek Kesehatan Calon Haji

  Dibaca : 35 kali
Puskesmas Kota Depok Siap Cek Kesehatan Calon Haji

Siarandepok.com – Syarat mutlak calon jamaah haji adalah melakukan pemeriksaan kesehatan. Bagi calon haji 2019 sudah disiapkan 10 Puskesmas di kecamatan Kota Depok untuk melakukan pemeriksaan sebelum berangkat ke tanah suci.

Rabu, 6 Februari 2019, di Lantai 3 gedung Dibaleka 2 usai sosialisasi pemeriksaan kesehatan jamaah haji bagi KBIH. Umi Zakiati selaku Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Depok mengatakan, seluruh Calhaj wajib memeriksakan kondisi kesehatan tubuh. Sebelum berangkat, saat perjalanan pergi dan pulang, selama di Arab Saudi, dan setelah kembali ke Indonesia mesti terjaga kesehatannya. Tujuan dari pemeriksaan ini agar memudahkan tidak lanjut dalam pengobatan atau perawatan.

Menurutnya, sebanyak 40 pimpinan dan pengurus Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) di Kota Depok mengikuti sosialisasi tersebut. Sosialisasi ini berisi informasi alur pemeriksaan kesehatan bagi Calhaj. Untuk pemeriksaan, tidak hanya di lakukan di satu titik puskesmas atau rumah sakit saja, melainkan pemeriksaan sudah bisa dilakukan diseluruh Puskesmas yang berada di kecamatan Kota Depok sesuai dengan domisili agar mempermudah gerak calon jamaah haji. Namun, tidak semua Puskesmas bisa melayani setiap hari.

Dinkes Depok akan memastikan, sebelum calon haji berangkat ke tanah suci, mereka sudah mendapatkan imunisasi Meningitis meningokokus dan Influenza. Serta persyaratan kesehatan lain yang telah ditentukan oleh Kementerian Kesehatan RI.

Penulis : Nia Rusmiati Saputri

Editor: Muhammad Rafi Hanif

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional