Menu

Penyuluhan dan Penyelidikan Epidemiologi DBD oleh dr. Niken Woro

  Dibaca : 119 kali
Penyuluhan dan Penyelidikan Epidemiologi DBD oleh dr. Niken Woro

Siarandepok.com – Penyuluhan dan Penyelidikan Epidemiologi DBD yang diselenggarakan di TK Permata Bunda Kelurahan Pondok Jaya oleh dr. Niken Woro, pada Senin (4/2/2019). Kegiatan tersebut adalah sebagai bentuk tindak lanjut informasi dari Bapak Lurah Pondok Jaya.

Bergerak bersama mewujudkan masyarakat dan lingkungan yang sehat merupakan gebrakan Cipayung dalam mencegah penyakit DBD.

Langkah awal dalam pencegahan penyakit DBD adalah dengan memberantas wabah nyamuk, bisa dengan cara menutup tempat penampungan air guna mencegah nyamuk untuk berkembang biak, menguras bak mandi atau tempang penampungan air, mendaur ulang bahan bekas, menggunakan lotion anti-nyamuk, menjaga kebersihan lingkungan dari air yang menggenang, tidak menggantung baju di kamar seperti di belakang pintu contohnya, serta menaburi bubuk abate pada tempat air yang menggenang.

Karena berbeda dengan Singapura yang sudah memiliki jadwal khusus untuk fogging setiap bulannya, di Indonesia fogging untuk mengatasi DBD harus memenuhi beberapa syarat terlebih dahulu. Fogging tidak bisa sembarangan dilakukan, tetapi harus berdasarkan kasus. Namun, fokus pelaksanaan fogging tidak bisa dilakukan secara luas. Petugas hanya melakukan fogging dalam radius 200 meter, dilakukan dalam dua siklus selama satu minggu.

 

Penulis: Adista

Editor: Muhammad Rafi Hanif

Sumber foto: facebook Puskesmas Ratu Jaya

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional