Menu

UPT Puskesmas Cilodong Menggalakkan Gema Cantik

  Dibaca : 37 kali
UPT Puskesmas Cilodong Menggalakkan Gema Cantik

Siarandepok.com – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Cilodong menggiatkan Gerakan Masyarakat Cegah Jentik Kecamatan Cilodong (Gema Cantik Cilodong). Program tersebut dilakukan sebagai langkah dalam mencegah perkembangbiakan jentik di setiap rumah agar terbebas dari wabah yang disalurkan oleh nyamuk.

Ambar Widjajanti, Kepala UPT Puskesmas Cilodong, mengatakan, selain mencegah penyakit Demam Bedarah Dengue (DBD), program tersebut juga dinilai efektif untuk mencegah berbagai bibit penyakit seperti Malaria, Zika, dan Japanese Encephalitis yang disebabkan oleh nyamuk.

“Penyakit tersebut disebabkan karena gigitan nyamuk maka harus dilakukan antisipasi dengan menerapkan Gema Cantik agar lebih efektif,” tutur Ambar usai peresmian Gema Cantik Cilodong di aula Kantor Kecamatan Cilodong, Senin (04/02/19).

Melalui program tersebut nantinya di setiap rumah memiliki Juru Pemantau Jentik (Jumantik) dari salah satu anggota keluarga. Selanjutnya, jumantik dapat melaporkan hasil pemeriksaannya setiap satu minggu sekali ke puskesmas setempat.

“Akan ada laporan setiap minggunya dari masing-masing Jumantik, apakah terdapat jentik nyamuk atau tidak,” katanya.

Ambar berharap dengan adanya Gerakan Masyarakat Cegah Jentik (Gema Cantik) di wilayah Kecamatan Cilodong, warga setempat dapat terbebas dari berbagai macam penyakit yang ditularkan oleh nyamuk. Dengan begitu, upaya mewujudkan kecamatan yang sehat dengan meningkatkan kemandirian masyarakat untuk hidup sehat dapat terealisasikan.

 

Penulis: adista

Editor: Muthia Dewi Safira

Sumber: depok.go.id

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional