Menu

AS dan Israel Kembali Keluar dari UNESCO

  Dibaca : 31 kali
AS dan Israel Kembali Keluar dari UNESCO

SiaranDepok – Pada hari Selasa (1/1/19) Amerika Serikat dan Israel resmi keluar dari keanggotaan Organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Budaya (UNESCO) yang disebabkan ketidaksepakatan kedua negara tersebut dengan beberapa kebijakan UNESCO mengenai Palestina.

Sebelumnya, kedua negara ini sudah mengajukan pengunduran diri sejak Oktober 2017 lalu. Amerika Serikat menuding mengenai kebijakan UNESCO yang cenderung anti-Israel sedangkan Israel melakukan protes mengenai pernyataan UNESCO yang tidak mengakui Kota Hebron yang diduduki negara Zionis itu. UNESCO juga mengkritik Israel atas pencaplokan Yerusalem Timur yang diperebutkan dengan Palestina. Amerika Serikat dan Israel menolak saat UNESCO menerima Palestina sebagai anggota penuh pada tahun 2011.

Ini merupakan kali kedua AS keluar dari keanggotaan UNESCO tepatnya pada tahun 1984 di masa pemerintahan Presiden Ronald Reagan. Mereka menuduh lembaga itu korup dan salah urus, serta cenderung pro Uni Soviet. Kemudian AS bergabung kembali menjadi anggota penuh pada 2003.

Sumber: CNNIndonesia.com

Editor:
Tags
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional