Menu

Kadin Sumut Teken MoU Dengan IKA EKSYA UIN-SU

  Dibaca : 101 kali
Kadin Sumut Teken MoU Dengan IKA EKSYA UIN-SU

Sumatera Utara – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sumatera Utara menandatangani Kesepakatan Kerjasama KADIN Sumatera Utara dengan Program Pasca Sarjana Universitas Islam Negeri Sumatera Utara tentang Ekonomi Syariah, dalam acara Seminar Regional Sumatera Utara, Jumat (21 /12/ 2018).

Acara diselenggarakan dengan mengusung tema Strategi Mengangkat Ekonomi Umat Berbasis Syariah Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0.

Ketua Kadin Sumatera Utara Khairul Mahalli mengatakan dunia sudah semakin tanpa batas, oleh karena itu daya saing sangat ditentukan oleh fixed cost dan local high cost.

“Semua itu terkait dengan kelengkapan, infrastruktur, pilihan teknologi dan produktifitas pekerja,” Ujar Mahalli ditemui di akhir acara.

Mahalli menjelaskan Globalisasi merupakan realitas yang tak terelakan, selalu ada 2 point dalam perubahan ini yaitu adanya peluang dan hambatan.

“Peluang itu terkait downstream industri produk pertanian dan perkebunan, MICE, industri perikanan dan kelautan, wisata kuliner dan olahraga, jasa konstruksi, distribusi, dan logistik,” jelasnya.

Sedangkan terkait hambatan, menurutnya mengenai masalah infrastruktur, pasokan energi atau ketersediaan gas yang terbatas, birokrasi, kepastian hukum terkait pajak/retribusi, serta produktifitas pekerja.

Mahalli menyimpulkan, perekonomian Sumatera Utara akan tetap tumbuh di tahun 2018 dan swasta sebagai lokomotif pertumbuhan ekonomi.

“Pertumbuhan ekonomi akan lebih tinggi dari yang di prediksi jika iklim investasi kondusif dan kualitas infrastruktur di tingkatkan serta perlu adanya kebijakan atau terobosan baru yang dibentuk untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi,” tukasnya.

Seminar diselenggarakan oleh Ikatan Alumni Ekonomi Syariah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (IKA EKSYA UIN-SU). Acara ini dihadiri oleh 150 peserta yang terdiri oleh Mahasiswa alumni IKA EKSYA UIN-SU, para Akademisi dan pelaku usaha lainnya. (FKV)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional