Menu

Adakan Workshop Audit Syariah, STEI SEBI Pertemukan Akademisi, Praktisi Hingga Regulasi

  Dibaca : 39 kali
Adakan Workshop Audit Syariah, STEI SEBI Pertemukan Akademisi, Praktisi Hingga Regulasi

Siarandepok.com- Dalam rangka peningkatan profesionalisme dan akuntabilitas institusi keuangan syariah di Indonesia, Kampus STEI SEBI Depok adakan International Workshop on Sharia Auditing. Berlokasi di Hotel Sofyan Cut Meutia, Rabu, (21/11). Tema yang diangkat yaitu Implementasi Audit Syariah pada lembaga keuangan syariah di Indonesia.

Suasana Workshop Audit Syariah

Workshop ini dihadiri oleh 40 peserta yang berasal dari berbagai institusi seperti lembaga pendidikan universitas dalam dan luar negeri, bank syariah seperti BSM, Maybank Syariah, BJB Syariah, Muamalat, Permata Syariah, Ikatan Akuntan Indonesia (IAI), Kantor Akuntan Publik (KAP), Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI), hingga perwakilan dari Dewan Syariah Nasional MUI.

Pakar Auditing Syariah asal Malaysia Prof. Dr. Abdul Rahim mengatakan bahwa Proses auditing syariah bukan hanya mencari kesalahan-kesalahan dalam institusi keuangan Syariah namun untuk membangun kekuatan agar terciptanya kesempurnaan kepatuhan Syariah.

“Malaysia sendiri sudah mulai membangun audit syariah sejak 2011 di mana bermula proses kerangka audit syariah (Syariah Governance Framework)”. “Setidaknya perbedaan audit pada umumnya dengan audit syariah ada 7 yaitu cakupan, objektivitas, tatakelola, kompetensi, proses, pelaporan dan etika”. Ujar Professor dari Universitas Sains Islam Malaysia (USIM).

Senada dengan hal tersebut, Ketua STEI SEBI, Sigit Pramono, Ph.D mengatakan bahwa diiperlukan harmonisasi prinsip audit syariah, karena pada umumnya yang berlaku dan diusung oleh kementrian Agama contohnya proses auditing disamakan selayaknya audit pemerintah terhadap lembaga negara tentang keuangan. Hal ini jelas berbeda dengan konsep audit syariah yang ada, oleh karena itu semua stakeholder harus memahami prinsip audit syariah.

 

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional