Menu

DLHK Ajak Masyarakat Wujudkan Indonesia Bebas Sampah 2025

  Dibaca : 24 kali
DLHK Ajak Masyarakat Wujudkan Indonesia Bebas Sampah 2025
(Ilustrasi: bisnisjakarta.co.id)

Siarandepok.com—Seluruh masyarakat Kota Depok diajak Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok Ety Suryahati untuk mewujudkan Indonesia Bebas Sampah 2025. Untuk merealisasikannya, pihaknya juga meminta peran serta dan kesadaran masyarakat agar bisa memilah sampah dari rumah masing-masing.

Ety Suryahati mengatakan bahwa untuk mewujudkan Indonesia 100 persen Bebas Sampah 2025, perlu dibangun pemahaman dan komitmen dari seluruh lapisan masyarakat. Sebagai langkah awal, budaya memilah sampah perlu ditanamkan sejak dini. Dirinya menyampaikan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia mencanangkan 30 persen pengelolaan sampah dilakukan masyarakat, sedangkan 70 persennya berupa penanganan sampah.

“30 persen pengelolaan sampah oleh kita (masyarakat), caranya dengan pemilahan itu. Nah, 70 persennya penanganan, biasanya di Pemerintah Kota (Pemkot) seperti mengaktifkan Unit Pengelola Sampah (UPS), bank sampah dan sebagainya,” jelasnya.

Ety menjelaskan, pengelolaan sampah dilakukan dengan 3 R yaitu Reduce, Reuse dan Recycle. Kegiatan tersebut, merupakan aktvitas mengurangi segala sesuatu yang dapat menimbulkan sampah dengan cara menggunakan kembali sampah yang layak pakai dan mengelolanya menjadi produk lain.

 

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional