Menu

5 Manfaat Konsumsi Buah Semangka

  Dibaca : 16 kali
5 Manfaat Konsumsi Buah Semangka
(Foto: Unsplash/rawpixel)

Siarandepok.com—Semangka bukan hanya buah yang menyegarkan. Buah ini kaya akan vitamin C, Vitamin A, dan banyak senyawa lainnya. Sebagai informasi, jus semangka memiliki beberapa potensi sebagai minuman pemulihan setelah berolahraga, loh. Dilansir dari healthline.com, berikut beberapa manfaat sehat dari makan buah yang lezat ini.

  • Menjaga Tubuh Terhidrasi

Minum air putih adalah cara penting untuk menjaga tubuh Anda terhidrasi. Namun, mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan air yang tinggi juga dapat membantu. Sebagai informasi, semangka mengandung 92% air. Terlebih lagi, kandungan air yang tinggi adalah salah satu alasan mengapa buah dan sayuran membantu Anda merasa kenyang. Kombinasi air dan serat berarti Anda mengonsumsi banyak makanan tanpa banyak kalori.

  • Mengandung Nutrisi dan Senyawa Tanaman yang Bermanfaat

 

Semangka adalah buah yang memiliki kalori rendah, hanya 46 kalori per cangkir (154 gram). Itu lebih rendah daripada buah-buahan rendah gula seperti buah beri (2). Satu cangkir (154 gram) semangka memiliki banyak nutrisi lain, termasuk vitamin dan mineral ini:

Vitamin C: 21% dari Referensi Intake Harian (RDI)
Vitamin A: 18% dari RDI
Kalium: 5% dari RDI
Magnesium: 4% dari RDI
Vitamin B1, B5 dan B6: 3% dari RDI
Semangka juga tinggi karotenoid, termasuk beta-karoten dan lycopene. Plus, ia memiliki citrulline, asam amino penting.

  • Mencegah Penyakit Kanker

Para peneliti telah mempelajari likopen dan senyawa lain yang ada pada semangka untuk efek anti kanker. Studi sejauh ini menunjukkan hubungan antara likopen dengan kanker sistem pencernaan.

  • Dapat Meningkatkan Kesehatan Jantung

Penyakit jantung adalah penyebab kematian nomor satu di dunia. Faktor gaya hidup, termasuk diet, dapat menurunkan risiko serangan jantung dan stroke dengan mengurangi tekanan darah dan kadar kolesterol. Beberapa nutrisi dalam semangka memiliki manfaat khusus untuk kesehatan jantung. Studi menunjukkan bahwa likopen dapat membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah. Itu juga dapat membantu mencegah kerusakan oksidatif terhadap kolesterol. Semangka juga mengandung citrulline, asam amino yang dapat meningkatkan kadar oksida nitrat dalam tubuh. Nitrit oksida membantu pembuluh darah Anda mengembang, yang menurunkan tekanan darah. Vitamin dan mineral lainnya dalam semangka juga baik untuk jantung Anda. Ini termasuk vitamin A, B6, C, magnesium dan kalium.

  • Dapat Membantu Meredakan Nyeri Otot

Kandungan Citrulline dalam semangka dapat mengurangi nyeri otot. Sebuah studi dengan memberikan jus semangka pada atlet ternyata menunjukkan bahwa atlet yang meminum jus semangka merasakan rasa sakit otot berkurang dan pemulihan denyut jantung lebih cepat. Penelitian lain juga melihat potensi citrulline untuk meningkatkan ketahanan latihan dan kinerja. Sejauh ini, citrulline tampaknya tidak meningkatkan kinerja latihan dalam jumlah yang dipelajari, tetapi masih merupakan bidang minat penelitian.

 

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional