Menu

Implementasi Industri 4.0, Eddy Ganefo Apresiasi Telkomsel Kembangkan Bisnis Digital

  Dibaca : 32 kali
Implementasi Industri 4.0, Eddy Ganefo Apresiasi Telkomsel Kembangkan Bisnis Digital

JAKARTA- Salah satu perusahaan operator telekomunikasi seluler di Indonesia Telkomsel telah memberikkan pelayanan elektronik kepada 30 ribu UKM (Usaha Kecil dan Menengah) sebagai solusi kasir digital. Layanan aplikasi Electronic Data Capture (EDC) bersifat multifungsi yang berbasis android.  Alat ini ditargetkan digunakan untuk pelaku UKM untuk bertransaksi secara digital.

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Eddy Ganefo mengapresiasi hal tersebut. Menurutnya inilah yang dinamakan Implementasi Revolusi Industri 4.0.

“Dengan layanan ini, perusahaan kecil bisa semakin dimudahkan  untuk mengelola transaksi secara digital,” kata Eddy di Jakarta, Selasa (9/10).

Dia menjelaskan, mesin kasir digital seperti itu biasanya tidak hanya berfungsi sebagai terminal pembayaran, tetapi juga untuk mendistribusikan produk digital. Selain itu, Eddy menambahkan, juga mengupdate produk serta mengetahui laporan penjualan, dan laporan keuangan.

“Dalam arti, brandnya akan lebih kuat. Karena kalo tidak online orang luar ga akan kenal produk kita. Minimal kalau sudah online, seluruh Indonesia bisa tahu produk kita,” tutur Eddy.

Eddy mengatakan, seiring perkembangan teknologi, perusahaan-perusahaan harus turut membantu UMKM Indonesia. Terutama, ia mengatakan, agar dapat mendampingi dan mendorong mereka untuk mengembangkan bisnis digital.

“Tantangan selanjutnya bagi pelaku UMKM adalah mengembangkan bisnis berbasis digitalnya secara berkesinambungan,” kata Eddy.

Hal tersebut, ujat Eddy, agar UMKM dapat mandiri dan naik kelas menjadi usaha yang lebih besar. Selain itu, membuka lapangan pekerjaan baru ditengah perubahan jaman yang berlangsung sangat cepat dan penuh ketidakpastian.

Sebelumnya, diberitakan PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) dan PT Distribusi Voucher Nusantara (DIVA) bekerja sama mengembangkan dan mendistribusikan solusi kasir digital T-Kiosk,  layanan aplikasi EDC multifungsi berbasis android. (FKV)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional