oleh

Bahaya Kecanduan Gadget Pada Anak

Siarandepok.com – Gadget, siapa yang asing mendengar kata itu? Gadget di era modern merupakan satu kebutuhan wajib yang harus dimiliki oleh semua orang. Keberadaan gadget saat ini perlu diawasi secara ketat, terutama bila penggunaannya untuk anak-anak. Jika dipergunakan dengan tidak baik dan berlebihan, hasilnya pun akan kurang baik terhadap kondisi anak, begitu pun sebaliknya.

Sidik Mulyono selaku Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok menilai bahwa penggunaan gadget dalam waktu lama tentu banyak pengaruhnya.

Pertama, efek radiasi elektromagnetik pada gadget dapat merusak otak anak. Karena tulang otak masih tipis tidak mampu menahan radiasi elektromagnetik dari gadget. Kedua, menghambat perkembangan otak. Hanya terpola pada konten gadget saja, membuat kurang perhatian terhadap lingkungan sekitar. Ketiga, anak menjadi temperamen, mudah marah dan tersinggung, terutama bila dipisahkan dari gadget. Keempat, menimbulkan obesitas karena kurang gerak. Kelima, merusak penglihatan, karena berkurangnya kemampuan akomodasi mata untuk jarak pandang yang bervariatif. Dan keenam menjadi tidak minat bermain di alam terbuka.

Aturan perdagangan gadget harus dibatasi hanya untuk digunakan oleh anak berumur 13 tahun keatas. Lalu budayakan permainan anak di alam terbuka, dan masukan ke dalam ekskul. “Peran seluruh lapisan masyarakat, saling mengingatkan bila ditemukan ada anak yang bermain gadget tanpa didampingi orang tua,” tutur Sidik.

 

Penulis: Zakiyah R

Editor: Sabar P

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru