oleh

Fitur Baru Gmail “Confidential Mode” Telah Hadir!

Siarandepok.com – Kini Gmail telah meluncurkan fitur terbarunya yang cukup menarik digunakan. Namanya adalah ‘Surat Rahasia’ dikatakan surat rahasia karena surat yang akan kita kirim bisa terhapus dengan sendirinya.

Fitur tersebut muncul dalam bentuk ikon gembok kecil bernama “Confidential Mode” alias “Surat Rahasia” di jendela penulisan email (compose) di tampilan antarmuka Gmail yang baru. Lewat fitur ini pengguna bisa menentukan batas waktu alias expiration mulai dari satu hari, satu minggu, satu bulan, hingga paling lama lima tahun agar email bisa terhapus dengan sendirinya.

(foto: google.com)

Apabila pengguna mengaktifkan fitur confidential mail dengan mengklik ikon ini, maka penerima email nantinya tidak akan bisa meneruskan (forward) surat elektronik yang bersangkutan, ataupun melakukan copy-paste, mengunduh, atau mencetaknya. Untuk memastikan bahwa penerima confidential benar-benar orang yang dituju, pengguna bisa meminta sang penerima untuk mengonfirmasikan identitasnya terlebih dahulu via kode pesan yang dikirim lewat SMS.

Akan tetapi untuk penggunaan SMS passcode harus menggunakan nomor telepon sedangkan untuk Indonesia penggunaan awalan +62 masih belum tersedia di gmail. Bila tidak menggunakan SMS passcode fitur surat rahasia masih bisa digunakan.

(foto: google.com)

Mekanismenya bila mode ini diaktifkan, Gmail akan mengirim email tersebut tidak secara utuh pada bagian bodi email. Jika pengirim mengaktifkan opsi untuk menggunakan SMS passcode untuk membuka pesan, maka penerima email akan mendapatkan SMS berupa kode sandi untuk membuka surat rahasia tersebut. Selain itu pengirim juga memiliki keleluasaan apakah pesan tersebut akan dihapus sebelum batas waktu habis atau tidak. Jika ditelaah, mode ini mungkin terinspirasi dari film agen rahasia di mana pesan yang dikirim dalam bentuk audio akan otomatis terbakar beberapa detik setelah didengar.

 

Penulis: Muhammad Ramadhan

Editor: Sabar P

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru