oleh

Mengapa Depok Membutuhkan Museum Kemerdekaan?

Siarandepok.com – Kota Depok termasuk kota yang memiliki banyak nilai sejarah, terutama sejarah kemerdekaan Indonesia. Tak sedikit, bangunan bersejarah yang menjadi cikal bakal Kota Depok berjuang saat kemerdekaan. Bangunan ini perlu dilakukan inventarisir maupun dibuatkan museum kemerdekaan.

Sahat Farida Berlian selaku Anggota Komisi D DPRD Kota Depok, mengatakan Depok merupakan bagian dari sejarah kemerdekaan Indonesia. Tidak mengabaikan Cornelis Chastelein yang saat itu menjadi tuan tanah dan mendatangkan sejumlah pekerja dari berbagai suku. Seiring berjalannya waktu, berbagai peristiwa sejarah hingga munculnya Gedoran Depok. Sahat juga mengatakan bahwa masyarakat Kota Depok harus mengetahui sejarah Kota Depok dan perjuangan masyarakat Depok pada saat kemerdekaan. Mengingat sebuah ucapan presiden pertama Indonesia, yakni Soekarno bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak melupakan sejarah.

Lalu, Mad Arif selaku Anggota Komisi C DPRD Kota Depok, mengatakan bahwa Kota Depok dianggap sangat perlu membangun museum yang berkaitan dengan sejarah perjuangan Kota Depok. Apalagi, Kota Depok banyak memiliki bangunan maupun monumen sebagai bukti sejarah perjuangan masyarakat Kota Depok melawan penjajah. Pembangunan museum sejarah kemerdekaan di Kota Depok tidak hanya sekedar bangunan. Nantinya, di museum tersebut dapat dijadikan tempat penyimpanan peninggalan perjuangan masyarakat Kota Depok melawan penjajah.

 

Penulis : Zakiyah R

Editor : Iis J

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru