Menu

Bahaya Menggunakan Wi-Fi Publik

  Dibaca : 55 kali
Bahaya Menggunakan Wi-Fi Publik
(Foto: stockphoto.com)

Siarandepok.com – Banyak orang yang suka memakai Wi-Fi, terutama Wi-Fi publik yang gratis alias free Wi-Fi. Biasanya jika kita menemukan Wi-Fi gratisan kita akan senang dan langsung menyambungkan laptop, ponsel maupun gadget lainnya tanpa pikir panjang. Tapi ternyata, ada risiko besar saat menyambungkan ponsel ke Wi-Fi publik. Inilah beberapa risiko tersebut.

  1. Data Rentan Dicuri Hacker

Menggunakan internet melalui Wi-Fi gratisan tanpa disadari memiliki kerentanan terhadap data yang dapat dicuri. Hacker memiliki tool khusus dengan menghubungkannya ke smartphone atau laptop melalui Wi-Fi dengan tool tersebut hacker dengan mudah mencari celah lewat koneksi ini karena koneksi yang tidak menggunakan password dan kurangnya fitur keamanan.

  1. Mudah Terinfeksi Virus

Saat menggunakan Wi-Fi gratisan laptop atau smartphone yang kita gunakan ternyata juga bisa terkena virus. Malware paling mudah menyebar melalui koneksi Wi-Fi yang minim fitur keamanannya. Virus ini terbilang cukup berbahaya karena virus dapat merusak laptop ataupun smartphone kamu.

  1. Adanya Snooper atau Mata-mata

Melalui virus atau malware seseorang akan mudah memantau gerak-gerik Kita. Virus yang menyerang secara perlahan diam-diam bisa mengetahui apa saja kegiatan kamu dan tentunya ini berbahaya untuk privasi dan keamanan data-data pribadi. Tidak hanya data, tapi juga semua kegiatan yang kita lakukan seperti web history, web cache, dan lain-lain.

  1. Iklan yang Mengganggu

Salah satu konsekuensi pengguna yang menggunakan fasilitas gratisan tentunya adalah iklan. Melalui Wi-Fi gratisan, iklan dapat menyambangi kamu kapan saja. Bisa jadi tiba-tiba layar smartphone penuh iklan atau iklan pop-up yang sangat mengganggu kenyamanan penggunaan smartphone.

  1. Pengalihan ke Situs Palsu

Saat menggunakan fasilitas Wi-Fi gratis biasanya akan sering diarahkan secara langsung ke situs lain. Laman situs tersebut bisa jadi merupakan situs resmi atau malah situs jebakan yang dibuat sedemikian rupa oleh hacker, sehingga tanpa disadari, situs tersebut mampu mencuri data dan informasi hingga merusak perangkat lunak ataupun perangkat keras kamu.

 

Penulis: Ryan

Editor: Sabar P

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional