Menu

Manfaat Baking Soda untuk Rambut, Kulit, dan Tubuh

  Dibaca : 68 kali
Manfaat Baking Soda untuk Rambut, Kulit, dan Tubuh

Siarandepok – Mudah, murah dan aman, ternyata baking soda punya banyak manfaat buat kecantikan. Simak tips nya berikut ini.

 

1. Membersihkan Kuku Bernoda dan Kuning

Kuku kamu bernoda kuning? gak sedap dipandang kan girls… Tapi baking soda bisa digunakan untuk memutihkan kuku sehingga kamu tidak perlu menyembunyikannya di saku. Baking soda bisa membantu menghilangkan noda karena terdapat sifat pemutih dan pengelupas dalam kandungannya.

Cukup masukkan setengah cangkir air, satu sendok teh 3% hidrogen peroksida, dan satu sendok makan baking soda dalam mangkuk kecil. Aduk rata sampai baking soda larut. Celupkan kuku kamu ke dalam larutan selama dua menit sampai tiga menit. Ulangi sekali setiap dua minggu.

2. Menghilangkan Bau Badan

Baking soda bisa jadi salah satu pengharum alami terbaik yang membantu mengobati bau badan, dari yang ringan sampai parah. Bahan ini membantu menyerap kelembaban dan keringat dari kulit, sehingga mengurangi bau badan.

Nah, cukup campurkan sedikit baking soda, satu sendok makan air, dan beberapa tetes minyak esensial. Gunakan bola kapas untuk mengoleskannya pada ketiak atau daerah di mana kamu berkeringat lebih. Gunakan secara teratur untuk melawan bau badan.

3. Mengatasi Rambut Bau dan Berminyak

Rambutmu bau dan berminyak? Ini adalah masalah yang sangat memalukan dan orang-orang dengan rambut berminyak lebih rentan terhadap kondisi ini. Rambut berminyak berasal dari polusi lingkungan sekitar.

Baking soda bisa mengurangi kadar minyak dan juga menetralisir bau karena sifat basanya menyeimbangkan tingkat pH kulit kepala untuk menjaganya agar tetap bersih dan sehat.

Campurkan baking soda dengan air dengan perbandingan 1:3. Oleskan pada rambut kamu yang masih basah, tunggu selama lima menit kemudian bilas rambut sampai bersih. Ulangi sekali atau dua kali sebulan.

Atau, tambahkan satu sendok makan baking soda ke dalam botol sampo biasa dan gunakan untuk mencuci rambut kamu satu atau dua kali seminggu. Kamu juga bisa menggunakan baking soda sebagai sampo kering.

4. Menyembuhkan Ruam Kulit dan Gatal

Ruam kulit dan gatal dapat menimbulkan banyak ketidaknyamanan. Kamu bisa mengobati masalah ini dengan baking soda. Ia memiliki efek menenangkan pada kulit karena sifat anti-inflamasi yang juga membantu mengurangi peradangan, gatal, dan pembengkakan.

Untuk gatal lokal, campurkan air dan baking soda dengan perbandingan 3:1. Oleskan pasta pada daerah yang terserang ruam atau gatal. Diamkan selama beberapa menit, lalu bilas dengan air dingin. Gunakan perawatan ini sekali sehari, sampai kondisi membaik.

Jika kamu memiliki gatal di seluruh tubuh, tambahkan satu cangkir baking soda ke dalam bak mandi air dingin. Kamu bisa berendam di dalamnya selama sepuluh menit sehari.

Catatan: Hindari menggunakan baking soda jika kulit rusak atau iritasi karena menggaruk secara terus-menerus.

 

Penulis: Syalika A

Editor: Sabar P

 

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional