Menu

Dosen FIB UI Dukung Perekonomian Warga Desa Dengan Mendirikan Sekolah Budaya Jawa

  Dibaca : 331 kali
Dosen FIB UI Dukung Perekonomian Warga Desa Dengan Mendirikan Sekolah Budaya Jawa
(Foto: fib.ui.ac.id)

Siarandepok.com – Beberapa Dosen Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia (FIB UI) Program Studi Jawa, mengisi kegiatan pengabdian masyarakat dengan mendirikan sebuah Sekolah Budaya Jawa  yang berlokasi di Desa Senden, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Widhy Asmara murti, Dosen Program Studi FIB yang juga sebagai Ketua Pengabdian Masyarakat mengatakan bahwa, Sekolah Budaya Jawa adalah sekolah yang menyatu dengan alam yang disuguhkan dalam bentuk paket wisata dengan minat khusus untuk mempelajari budaya dan bahasa Jawa.

Dilansir dari depoknews.com “Kami harap melalui dibentuknya Sekolah Budaya Jawa mampu mendukung perekonomian warga desa setempat serta memperkenalkan khasanah budaya yang dimiliki Indonesia” ucapnya.

Dia mengatakan sekolah ini dibuka untuk umum yang ingin mempelajari bahasa Jawa, pada tahun pertama akan ada 40 peserta didik di sekolah budaya jawa ini. Mereka merupakan wisatawan dari dalam dan luar negeri seperti dari Negara Tajikistan, Vietnam, Malaysia, Filipina, Bangladesh dan Afganistan.

Pelajaran yang dapat dipelajari disini adalah belajar Bahasa Jawa, budaya jawa, kesenian jawa, ritual panen hingga kebiasaan bertani dan beternak. Mereka juga akan tinggal bersama warga setempat dan ikut menikmati kehidupan pedesaaan yang dibalut dengan keindahan panorama.

Program Pengabdian Masyarakat ini dilakukan selama enam bulan, terhitung sejak bulan April sampai September 2018 mendatang. Dalam menjalankan programnya ini, Mara dan tim didukung dan ada pengabdian masyarakat DRPM UI (Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat  UI).

 

Penulis : Zakiyah R

Editor: Iis Jumiarti

 

 

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional