oleh

Sudah hampir dekat hari kemerdekaan, kenapa bendera negara kita warna merah putih?

Siarandepok.com  – kenapa bendera negara Indonesia itu merah-putih? Kenapa tidak warna lain?

Dilansir dari video Youtube Kok Bisa?, Asal warna bendera merah putih berasal dari kerajaan Majapahit. Warna panji yang mereka gunakan saat itu hampir mirip dengan bendera Indonesia. Bila sekarang bendera kita adalah merah putih, dulu saat di kerajaan Majapahit warna benderanya adalah merah-putih-merah-putih-merah-putih-merah berbentuk horisontal. Bila dilihat, motifnya hampir mirip seperti bendera Amerika.

Namun, karena itu warna merah putih sudah dipakai oleh abad ke 13 dan kemudian mulai dipakai oleh beberapa kerajaan lain sejak itu.

Lalu tepat pada abad ke 19, pangeran Diponegoro menggunakan panji-panji merah putih untuk melawan penjajah pada saat itu. Bahkan sebelum warna merah putih secara luas digunakan. Lalu pada abad ke 20-lah bendera Indonesia mulai populer. Bendera Indonesia yaitu merah-putih mulai digunakan oleh kaum Nasionalis, kaum Pemuda, dan para Pejuang untuk melawan penjajah Belanda. Bahkan, dulu di buku sejarah kita saat kita masih di Sekolah Dasar, bendera Merah Putih berasal dari bendera Belanda yang berwarna Merah, Putih, dan Biru. Lalu biru tersebut dirobek bawahnya. Warna bitu dalam bendera Belanda dianggap sebagai simbol orang-orang berdarah biru yang artinya para aristokrat Belanda. Lalu bendera tersebut meluas ke penjuru Indonesia yaitu warna Merah dan Putih seperti yang terjadi pada insiden Hotel Yamato pada 18 November 1945 dan menjadi cikal bakal pertempuran besar Surabaya.

Namun kita semua tahu bahwa arti dari warna bendera negara kita adalah merah yaitu berani, dan putih yang artinya suci. Namun ada juga yang mengatakan bahwa warna merah berasal dari gula merah jawa yang sebenarnya warna aslinya adalah merah kecoklatan dan putih nasi, dimana 2 bahan ini adalah bahan utama masakan Indonesia di segala penjuru Nusantara.

Namun menurut Soekarno yang pernah ditulis oleh Cindy Adams dalam Biografi Soekarno, “Penyambung Lidah Rakyat”. Menurut Soekarno tanah di Nusantara berwarna merah, sementara getah tumbuhan berwarna putih. Orang Jawa sudah menyajikan bubur merah putih selama ratusan tahun.

Merah adalah lambang keberanian, Putih adalah lambang kesucian. Bendera kami sudah ada sejak 6.000 tahun lalu,” lanjut Soekarno. Seperti yang ditulis oleh merdeka.com.

 

Penulis : Daffa

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru