oleh

Inovasi Terbaru, Sampah Organik di Depok Diolah Menjadi Pakan Ikan

Siarandepok.com – Berbaga inovasi dalam mengelolah sampah organik seperti sayur dan sisa makanan dilakukan oleh sejumlah orang yang ingin memanfaatkan sampah tersebut. Kini ada suatu inovasi untuk memanfaatkan sampah organik menjadi pakan ikan. Dinas Ketahan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Depok melatih petugas Unit Pengelolaan Sampah (UPS) untuk mengolah sampah menjadi pakan ikan melalui Pelatihan Pengelolaan Sampah. Pelatihan tersebut dihadiri oleh 45 peserta dari Kelompok Pembudidaya Ikan dan Petugas UPS.

Dilansir dari depok.go.id. Ita Wilda, Kepala Bidang Perikanan DKPPP Kota Depok mengatakan “Selama ini, sampah organik di UPS hanya dijadikan sebatas pupuk organik. Kami di sini ingin meningkatkan pengetahuan tenaga di UPS, agar sampah tersebut juga bisa diolah menjadi pakan ikan, baik untuk ikan hias maupun ikan konsumsi”

Materi yang diajarkan pada pelatihan ini seperti pembuatan pakan alami dari sampah organik, pembuatan pelet, dan pembuatan maggot. Nantinya setelah kegiatan pelatihan, DKPPP akan berikan pendampingan lebih lanjut.

 “Melalui pelatihan ini, saya berharap tenaga UPS maupun Pokdakan bisa menyerap ilmu yang bermanfaat dan mengaplikasikannya. Kalau ditekuni, kegiatan ini bisa menjadi mata pencarian baru yang bisa menambah pendapatan,” lanjutnya.

 

Penulis: Dhea A

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru