Menu

Beberapa Wilayah Indonesia Alami Perubahan Suhu

  Dibaca : 30 kali
Beberapa Wilayah Indonesia Alami Perubahan Suhu
Ilustrasi dinginnya Indonesia. (Foto: Unsplash/Alisa Anton)

Siarandepok.com – Indonesia memasuki puncak musim kemarau. Namun, apakah Anda merasa udara begitu dingin? Ya, memang benar di beberapa daerah mengalami penurunan, termasuk Jakarta dan Bandung. Berdasarkan data yang diperoleh di website resmi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) suhu di seluruh wilayah Jakarta Jumat kemarin berkisar antara 20 hingga 33 derajat celcius. Sementara, suhu di wilayah Bandung berkisar antara 18 sampai 30 derajat celcius.

Kepala Humas BMKG Harry Tirto Djatmiko mengatakan bahwa kondisi tersebut terjadi karena Indonesia mendapatkan pengaruh aliran massa dingin dari Australia yang biasa terjadi pada bulan Juli hingga Agustus. Sehingga terjadi perubahan di beberapa wilayah di Indonesia yang berada di wilayah selatan khatulistiwa.

Kemudian dikutip dari Republica.co.id, Harry Tirto Djatmiko menjelaskan bahwa perubahan suhu tersebut merupakan fenomena alam biasa yang terjadi tiap tahunnya. Sering terjadi selama Juli hingga Agustus. Sebab, pada rentang itu terjadi puncak kemarau.

“Itu tanda kalau kita mau berada di puncak kemarau, suhunya lebih dingin, siang lebih panas, anginnya lebih kencang,” kata Harry.

Untuk Anda ketahui, wilayah yang merasakan perubahan suhu di antaranya Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jabar, DKI, Jateng, Jatim, NTT, dan Bali.

 

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional