Menu

Ada Apa dengan Susu Kental Manis?

  Dibaca : 111 kali
Ada Apa dengan Susu Kental Manis?
Susu kental manis. (Foto: Dok/theveganbuzz.net)

Siarandepok.com – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) memberikan penjelasan lengkap terkait “Susu Kental Manis” (SKM). BPOM melalui rilisnya menegaskan bahwa seluruh produk susu kental dan analognya tidak dapat menggantikan susu sebagai penambah atau pelengkap gizi.

Dalam laman www.pom.go.id pada Jumat, 6 Juli 2018, BPOM menjelaskan, “Susu kental dan analog lainnya memiliki kadar lemak susu dan protein yang berbeda, namun seluruh produk susu kental dan analognya tidak dapat menggantikan produk susu dari jenis lain sebagai penambah atau pelengkap gizi.”

Selain itu, dijelaskan pula subkategori susu kental dan analognya (termasuk di dalamnya SKM) merupakan salah satu subkategori dari kategori susu dan hasil olahannya. Di mana subkategori atau jenis ini berbeda dengan jenis susu cair dan produk susu, serta jenis susu bubuk, juga krim bubuk.

Untuk Anda ketahui, karakteristik jenis SKM adalah kadar lemak susu tidak kurang dari 8% dan kadar protein tidak kurang dari 6,5% (untuk plain).

Dalam kasus ini, BPOM menjelaskan telah melakukan Focus Group Discussion (FGD) Reviu Pengaturan SKM, perkuatan pengawasan promosi dan penandaan SKM, sosialisasi tentang SKM dan produk sejenis agar SKM diproduksi, diedarkan, digunakan dan dikonsumsi dengan tepat.

“Susu kental dapat digunakan untuk toping dan pencampur pada makanan atau minuman (roti, kopi, teh, coklat, dll),” demikian disampaikan BPOM.

 

Sumber: tribunnews.com

 

 

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional