Mengikis Cinta Dunia dengan Berpuasa

- Reporter

Jumat, 25 Mei 2018 - 11:15

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

(Foto: dakwahyu.com)

(Foto: dakwahyu.com)

Oleh: Dr. Syamsul Yakin, MA

Dosen UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

 

Kita kerap kali lupa bahwa hidup ini begitu sementara. Selalu saja kita congkak, merasa benar sendiri, dan tak jarang menguasai milik saudara sendiri secara zalim. Ukuran kebenaran dan keberhasilan hanya sebatas yang membuat kita senang. Jadilah kita orang yang hanya mengejar dan mengumpulkan dunia dan isinya.

Sangkaan kita harta itu kekal dan membahagiakan, kekuasaan membuat kita dimuliakan, dan kebesaran itu membuat kita tersanjung. Padahal kita hanya membutuhkan sedikit saja dari apa yang ada di dunia. Benar kiranya yang dikatakan Socrates, “Alangkah banyaknya yang tidak saya butuhkan di dunia ini.”.

Entah, seperti apa masa depan manusia bila ukuran kebahagiaan dan kebenaran adalah dunia. Anehnya, mengapa puasa belum juga membuahkan kesadaran keruhanian? Bukankah puasa itu ibadah personal yang bermakna spiritual? Sebuah hubungan kepada Allah yang dibangun secara khusus untuk menggapai kebenaran dan kebahagiaan hakiki.

Tetapi mengapa kita sering kali membohongi Allah dengan berpura-pura mencintai-Nya, padahal selama ini kita hanya mencintai dunia dan diri kita sendiri? Tidakkah kita sadar bahwa tujuan utama puasa yang dimaksudkan Allah itu ada tiga, yaitu agar kita bertakwa, supaya kita selalu bersyukur, dan mudah-mudahan kita selalu mendapat petunjuk.

Agar puasa kita mampu mengikis dunia dari hati kita dan menjadikan kita pribadi yang merasa cukup dengan dunia, penting kiranya kita perhatikan sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah.

Rasulullah SAW bersabda, “Wahai Abu Hurairah, maukah engkau aku tunjukkan tentang dunia ini?” Abu Hurairah menjawab “Mau, wahai Rasulullah”. Sejurus, Rasulullah memegang tanganku dan pergi mengajakku. Tepat, beliau berhenti di suatu tempat yang penuh dengan kotoran. Bukan hanya itu, tengkorak manusia dan tulang-belulang berserakan di situ. Bahkan juga ada kain-kain yang berlumur kotoran.

Lalu Rasulullah bersabda kepadaku, “Wahai Abu Hurairah, seperti engkau lihat sendiri, tengkorak manusia ini sama seperti kepala-kepala kalian. Kepala-kepala ini dipenuhi dengan nafsu dan angan-angan  untuk mengumpulkan dunia dan menguasai seluruh isinya. Tetapi kini, seperti engkau saksikan, tulang-belulang mereka berserakan, pun jasad mereka hancur berantakan. Dan kain-kain itu adalah pakaian yang mereka gunakan semasa di dunia sebagai perhiasan dan kebanggaan. Namun sekarang, kain-kain itu telah dihembuskan angin dan berlumur dengan kotoran ini . Tulang-tulang ini dahulu mereka gunakan dengan sesuka hati untuk mengelilingi dunia dan segala penjurunya.

Sedangkan tumpukan kotoran ini adalah makanan lezat semasa di dunia. Mereka mendapatkannya dengan berbagai cara. Dengan cara yang tidak benar pun mereka lakukan, yang penting keinginan terlaksana. Sebagian mereka merebutnya dari sebagian yang lain, maka kini mereka dilemparkan ke dalam kebusukan yang luar biasa, sehingga tak ada seorang pun yang mau berdekat-dekatan dengannya, karena baunya yang begitu menyengat dan membuat dada sesak”.

Dengan sangat santun, Allah menyuruh kita untuk menahan lapar, dahaga  dan melakukan hubungan seksual di siang hari tak lain agar kita bisa kembali menjadi manusia suci. Suci dari segala macam angan-angan yang bertabur kemegahan, pesta pora, dan menuruti nafsu angkara murka.

Lapar saat berpuasa bisa bermakna pembakaran kotoran. Menahan hasrat seksual hakikatnya menjadi pembeda antara hewan dan manusia. Lapar, kata Sang Hujjatul Islam al-Ghazali, dapat menjernihkan hati dan pikiran. Bahkan lapar, kata Rasulullah SAW,  dapat mempertajam hati dan pikiran. Saudaraku, dengan begitu berpuasa bisa menjadikan hati kita jernih dan pikiran kita tajam. Mungkinkah, hati yang jernih dan pikiran yang tajam bisa terus menerus membuat kita jadi cinta dunia?

Kiranya, di bulan suci ini, mari kita membersihkan diri. Kalau kita cermati, sabda Sang Nabi di atas, menerangkan betapa kita telah pergi jauh meninggalkan kebenaran dan kesucian. Pada sangkaan kita, diri kita selalu suci padahal nyatanya begitu kotor dan berlumur dosa. Sungguh, Maha Benar Engkau Ya Allah, “Janganlah kamu anggap dirimu itu suci padahal hanya Allah yang paling tahu siapa (yang sebenarnya) bertakwa.” (QS. al-Najm/53: 32).

Mereka yang berhasil puasa Ramadhan adalah mereka yang bisa mensucikan dirinya dari mencintai dunia dan takut akan kematian. Memilih akhirat dari dunia adalah bukti bahwa kita benar-benar mau menjadi pribadi yang bersih diri secara lahir dan batin.

Allah berfirman, “Maka Allah mengilhamkan kepada jiwa itu jalan kefasikan dan ketakwaan (kebaikan dan keburukan). Sesungguhnya beruntunglah orang yang mensucikan jiwa itu dan sesungguhnya merugilah orang yang mengotorinya.” (QS. al-Syams/91: 9-10).  Mudah-mudahan Ramadhan tahun ini menjadi “titik hidayah”  bagi kita agar bisa mengikis cinta dunia di hati kita. Aamin.*

 

Editor: Nadia

 

<

Berita Terkait

Mengetahui Perbedaan lama Waktu berpuasa diberbagai Negara
Meski Berpuasa, Gigi Tetap harus Sehat dan mulut Tidak Bau, Ini Caranya 
Tradisi Unik diberbagai negara dalam menyambut Ramadhan
Fiesta Bintang Lima gelar Fun Gathering Road To Ramadan 2024
Aksi Sosial Ramadan 1445 H, PERSIS dan PERSISTRI Kota Tangerang Ajak Masyarakat Realisasikan Target 1000 Paket Sembako dan Berbagi Takjil
Sibuk namun Ingin Khatam Al-Qur’an di Bulan Ramadhan? Ini Strateginya
Memahami Kehadiran Malam Lailatul Qadar dan Keistimewaannya
Bulan Puasa Ramadhan Segera Tiba, Apa yang perlu disiapkan dan Dilakukan?

Berita Terkait

Jumat, 19 April 2024 - 06:42

Bukan sekedar Gaya-gayaan, Betawi bakal punya Ikatan Cendekiawan Betawi

Kamis, 18 April 2024 - 19:01

104 Santri Pesantren Leadership Daarut Tarqiyah Primago Tahun 2024 Ikuti Ujian Masuk Pondok Modern Darussalam Gontor

Kamis, 18 April 2024 - 08:28

Rumah Hijabers Depok Membuka Peluang Usaha Fashion Dari Rumah Tanpa Modal

Senin, 15 April 2024 - 10:57

LPM Aktif dan Non Aktif Dukung Supian Suri Jadi Walikota Depok 2024

Senin, 15 April 2024 - 10:22

3 Periode Berkuasa, Mazhab HM Ungkap Mohammad Idris Faktor Kemenangan PKS Depok

Jumat, 12 April 2024 - 06:00

Apakah Kita Masih Fitri?

Senin, 8 April 2024 - 09:21

Strategi Dakwah : Wajah Islam Tergantung Pada Dakwah

Jumat, 5 April 2024 - 10:45

Gelar Puncak Acara Ramadhan, Zona Madina Ajak Masyarakat Mensyukuri Segala Hal

Berita Terbaru