Menu

Kepala DPUPR Kota Depok Ungkap Alasan Dipilihnya Betonisasi untuk Infrastruktur di Kota Depok

  Dibaca : 206 kali
Kepala DPUPR Kota Depok Ungkap Alasan Dipilihnya Betonisasi untuk Infrastruktur di Kota Depok
Ilustrasi Betonisasi Jalan.

Siarandepok.com – Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok, Manto mengatakan bahwa saat ini Kota Depok memiliki jalan kota sepanjang 1.283 kilometer. Jalan tersebut terbagi lagi menjadi jalan kolektor dan lokal sepanjang 547,63 kilometer dan juga sebagai fungsi jalan lingkungan, yakni sepanjang 735,37 kilometer. Berdasarkan jumlah tersebut, sebanyak 95% telah dibeton dengan keadaan cukup baik.

90% jalan kota yang dibeton kondisi sudah baik, 5% nya memang masih aspal dan 5% persen lainnya sedang kita lakukan kajian agar bisa segera diintervensi dengan peningkatan jalan berupa betonisasi. Targetnya, 2021 tuntas betonisasi untuk jalan kota,” jelas Manto di ruang kerjanya, pada Kamis, 3 Mei 2018.

Sejak tahun 2016, pihak DPUPR telah memfokuskan untuk membetonisasi jalan. Sebab, penggunaan material beton dinilai lebih kuat daripada aspal. Selain itu, penggunaan beton juga mampu menopang kendaraan bertonase berat dan lebih tahan cuaca. Baik itu hujan maupun panas.

Dengan betonisasi, usia jalan bisa sampai 10 tahun. Selain itu, struktur jalan di Kota Depok sengaja dibuat dengan beban maksimal 30 ton, sehingga kuat menahan muatan truk,” ujar Manto.

Betonisasi dipilih untuk infrastruktur di Kota Depok. Sebab, menurut Manto, mempunyai sifat yang tahan air dan tak mudah rusak ketika panas dan hujan. Selain itu, dipilihnya betonisasi juga untuk meminimalisir adanya perawatan dan perbaikan lanjutan.

 

Penulis: Siti Melyana

 

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional