Menu

Hardiknas 2018, Sebagai Momentum Untuk Memperkuat Pendidikan dan Kebudayaan

  Dibaca : 351 kali
Hardiknas 2018, Sebagai Momentum Untuk Memperkuat Pendidikan dan Kebudayaan
Pemkot Depok Menggelar Upacara Hardiknas Tingkat Kota Depok di Lapangan Balai Kota, Rabu (02/05/2018).

Siarandepok.com – Setiap tanggal 2 Mei diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional atau yang biasa disebut Hardiknas. Untuk memperingati Hardiknas tahun 2018, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok menggelar upacara Hardiknas Tingkat Kota Depok di Lapangan Balai Kota Depok. Dalam upacara tersebut, Wali Kota Depok, yakni Mohammad Idris turut memberikan sambutannya.

Marilah kita jadikan peringatan kali ini sebagai momentum merenungkan hubungan erat antara pendidikan dan kebudayaan, sebagaimana tercermin dalam ajaran, pemikiran, dan praktik pendidikan yang dilakukan Ki Hadjar Dewantara,” ujar Idris dalam sambutannya.

Dirinya mengatakan, menurut Undang-Undang (UU) Sistem Pendidikan Nasional (SPN) Tahun 2003, pendidikan nasional merupakan pendidikan yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945. Sedangkan untuk kebudayaan nasional, menurutnya, merupakan akar dari pendidikan nasional.

Idris pun menuturkan bahwa di sanalah terjadi titik temu antara pendidikan dan kebudayaan. Menurutnya, jika kebudayaan nasional Indonesia kian menghunjam kuat di dalam tanah tumpah darah Indonesia, maka akan subur dan juga kukuh bangunan pendidikan nasional Indonesia.

Disahkannya UU Nomor 57 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan, menurut Idris, tentunya akan memperkuat posisi kebudayaan nasional sebagai ruh, pemberi hidup, dan juga sebagai penyangga bangunan pendidikan di Indonesia.

Kita yakin bahwa kebudayaan yang maju akan membuat pendidikan kita kuat. Begitu pula sebaliknya, jika pendidikan kita subur dan rindang, akar kebudayaan akan lebih menghunjam kian dalam di tanah tumpah darah Indonesia,” pungkasnya.

 

Penulis: Siti Melyana

 

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional