Menu

Perangkat Daerah Depok Mendapatkan Sosialisasi Pengamanan Informasi Berklasifikasi dari Diskominfo

  Dibaca : 317 kali
Perangkat Daerah Depok Mendapatkan Sosialisasi Pengamanan Informasi Berklasifikasi dari Diskominfo

Siarandepok.com – Informasi adalah salah satu hal sensitif yang memiliki dampak besar terhadap opini, sifat, dan pola pikir penerimanya. Namun, di zaman yang hampir semua serba digital ini, informasi seperti bukan lagi hal yang sulit didapat. Termasuk dalam hal ini adalah informasi yang bersifat privasi atau khusus.

Mungkin hal tersebutlah yang menjadi salah satu alasan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok untuk lebih memperketat pengamanan informasi yang dimiliki oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Depok. Sebab, tidak semua informasi yang ada di Pemkot Depok dapat dikonsumsi oleh siapa pun. Hal tersebut dijelaskan langsung oleh Kepala Diskominfo Kota Depok, yakni Sidik Mulyono saat hadir dalam kegiatan sosialisasi pengamanan informasi berklasifikasi.

Data dan informasi yang ada di lingkungan pemerintah tidak semuanya dapat menjadi informasi publik, maka perlu dilakukan penggolongan jenis informasi,” ujarnya menjelaskan.

Sidik menjelaskan bahwa informasi berklasifikasi adalah informasi yang telah ditetapkan. Bersifat ketat, terbatas dan tidak sembarang orang dapat mengetahuinya. Sebab, jika informasi tersebut diketahui oleh pihak yang salah ataupun tidak berhak menerimanya akan dapat membahayakan keamanan nantinya.

Informasi ini memungkinkan untuk dilakukan pembukaan, tetapi dengan syarat dan kondisi tertentu yang diatur oleh undang-undang,” lanjut Sidik.

Tidak hanya itu, menurut penuturan Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Depok, Herman Hidayat, informasi merupakan suatu aset penting yang dimiliki sebuah organisasi. Oleh sebab itu, diperlukan pengamanan dan perlindungan dari berbagai ancaman dan kerugian informasi.

Informasi yang dikecualikan sudah ditetapkan sebagai informasi yang berklasifikasi, sehingga segenap jajaran organisasi harus kritis dan rahasia, sebab tidak semua informasi dapat dikonsumsi publik,” jelas Herman.

 

Penulis: Suci Cahyani

Editor: Siti Melyana

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional