Menu

Sebanyak 250 Calon Jemaah Haji Diperiksa Kesehatannya Oleh UPT Puskesmas Tapos

  Dibaca : 337 kali
Sebanyak 250 Calon Jemaah Haji Diperiksa Kesehatannya Oleh UPT Puskesmas Tapos

Siarandepok.com – Kementerian Agama (Kemenag) telah menetapkan kuota calon jemaah haji (calhaj) untuk Kecamatan Tapos yaitu sebanyak 250 orang. Jelang jadwal keberangkatan calhaj yang semakin dekat, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Tapos pun secara rutin lakukan pemeriksaan kesehatan kepada para calhaj yang akan melakukan ibadah ke tanah suci.

Pemeriksaan kesehatan mereka sudah mulai kita lakukan sejak Januari lalu. Dari total 250 jemaah haji, sebagian besar sudah kami lakukan pemeriksaan. Sedangkan masih tersisa 15 orang yang belum diperiksa karena berbagai alasan seperti batal berangkat, takut diperiksa, dan lainnya,” tutur Kepala UPT Puskesmas Kecamatan Tapos, Mamik Juniarti.

Dirinya mengatakan bahwa tak hanya pemeriksaan kesehatan saja yang wajib dilakukan para calhaj, tetapi perlu juga dilakukan penyuntikan vaksin meningitis. Hal tersebut wajib dilakukan agar para calhaj mempunyai kekebalan terhadap virus meningitis. Mengingat negara-negara di kawasan Arab dan Timur Tengah merupakan daerah endemis virus tersebut.

Negara-negara kawasan Arab dan Timur Tengah merupakan daerah endemis virus meningitis. Karena itu, calhaj asal Indonesia harus diberikan imunitas atau kekebalan terhadap penyakit meningitis agar virus tidak dapat berkembang dan menular,” jelasnya.

Setelah melewati tahap pemeriksaan, para calhaj masih harus melaksanakan tes kebugaran. Mamik menjelaskan bahwa tes tersebut dimaksudkan untuk mengetahui kemampuan fisik para calhaj ketika melakukan ibadah haji.

Kami harapkan melalui pemeriksaan kesehatan yang dilakukan dapat mendukung kelancaran para jemaah haji saat menjalankan ibadah di tanah suci nantinya,” pungkasnya.

 

Penulis: Siti Melyana

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional