Menu

Wujudkan Depok Sebagai Kota Layak Anak, Kelurahan Harjamukti Miliki Enam RW Ramah Anak

  Dibaca : 422 kali
Wujudkan Depok Sebagai Kota Layak Anak, Kelurahan Harjamukti Miliki Enam RW Ramah Anak

Siarandepok.com – Kelurahan Harjamukti, Kecamatan Cimanggis, Depok saat ini sudah memiliki enam RW Ramah Anak. Adapun enam RW tersebut yaitu RW 03, RW 06, RW 07, RW 08, RW 09 dan RW 10. Keberhasilan pembentukan enam RW Ramah Anak tersebut tak lain sebagai bentuk dukungan untuk mewujudkan Depok sebagai Kota Layak Anak (KLA).

Saat ini sudah ada enam RW Ramah Anak. Sedangkan, di Harjamukti total ada 16 RW. Kami targetkan tahun ini RW Ramah Anak dapat terbentuk di semua RW,” tutur Lurah Harjamukti, Lamin usai menghadiri peresmian RW Ramah Anak di RW 10.

Lamin mengatakan, untuk membentuk RW Ramah Anak, harus ada lima kluster yang dipenuhi. Pertama adalah pemenuhan hak sipil dan kebebasan. Kedua yaitu lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif. Ketiga, yakni kesehatan dan kesejahteraan dasar. Keempat adalah pendidikan, pemanfaatan waktu luang, dan kegiatan budaya. Terakhir atau yang kelima yaitu perlindungan khusus.

Untuk pemenuhan hak sipil anak, kami (kelurahan) sedang melakukan inventarisir terhadap jumlah anak usia 0-18 tahun yang belum memiliki akta kelahiran. Selanjutnya dari segi pendidikan, kami juga akan mendata jumlah anak yang putus sekolah untuk kemudian diikutkan pada program kejar paket. Sementara dari sisi kesehatan, kami juga telah membentuk Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R),” jelasnya.

Dirinya pun menjelaskan, pihaknya akan terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat guna meningkatkan jumlah RW Ramah Anak. Hal tersebut dilakukan karena untuk pembentukan RW Ramah Anak tersebut tidak hanya dilakukan oleh pemerintah saja, tetapi membutuhkan partisipasi aktif dari seluruh masyarakat.

Setelah sosialisasi, kami akan membentuk struktur RW Ramah Anak. Kemudian, RW lainnya yang akan menjadi ramah anak yaitu di RW 01, RW 02, RW 04, RW, 05, RW 11, RW 12, dan RW 14,” ujarnya.

 

Penulis: Siti Melyana

Editor: Suci Cahyani

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional