Menu

Sebanyak 15 Kelompok Petani di Kota Depok Mendapatkan Bantuan Alat dan Mesin Pertanian

  Dibaca : 267 kali
Sebanyak 15 Kelompok Petani di Kota Depok Mendapatkan Bantuan Alat dan Mesin Pertanian

Siarandepok.com – Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Depok akan mendistribusikan bantuan kepada 15 kelompok petani yang ada di Kota Depok. Bantuan yang akan didistribusikan tersebut berupa alat dan mesin pertanian. Dengan adanya bantuan tersebut, diharapkan dapat membantu dan meningkatkan hasil panen para petani yang ada di Kota Depok.

Bantuannya adalah berupa pompa air sebanyak tiga buah, serta handsprayer manual sebanyak 25 buah, dan yang elektrik sebanyak tiga buah. Ini merupakan bantuan dari Kementerian Pertanian melalui Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (Ditjen PSP). Jadi, kami hanya memberikan data calon penerima bantuan dan menyalurkannya,” tutur Kepala Bidang Ketahanan Pangan dan Holtikultura DKPPP Kota Depok, Hermin Kusmiati, pada Rabu, 4 April 2018 di ruang kerjanya.

Hermin menjelaskan, fungsi dari alat tersebut, yakni untuk menyemprotkan obat atau pestisida sesuai ukuran yang telah ditetapkan, untuk menyemprotkan pupuk cair, dan juga dapat digunakan untuk proses penyiraman. Untuk pompa sendiri, digunakan untuk menarik air dari dalam tanah.

Dikatakannya, untuk petani yang berhak mendapatkan bantuan tersebut, sebelumnya harus lulus seleksi terlebih dahulu. Salah satu aspek yang dilihat dan dinilai oleh DKPPP adalah seberapa serius dan aktif petani tersebut. Tak hanya itu, ditentukan pula luasan lahan yang dimiliki oleh petani tersebut.

Hampir semua kelompok dapat bantuan ini, karena mereka (petani) rata-rata memiliki lahan seluas dua hektare yang menjadi syarat penerimaan bantuan ini. Bahkan, ada yang lahannya mencapai 30 hektare. Untuk satu kelompok terdiri dari 10 petani, nanti ketuanya yang mengatur bantuan ini dipergunakan untuk anggota yang mana dulu atau sifatnya bergilir,” jelasnya.

Terakhir, ia mengatakan bahwa hari ini alat tersebut sudah mulai dibagikan. Tak menutup kemungkinan, jika dibutuhkan lagi, pihaknya akan mengajukan kembali bantuan tersebut melalui e-proposal. Untuk target pembagian alat tersebut dijadwalkan sampai pada akhir April 2018 ini.

 

Penulis: Siti Melyana

Editor: Suci Cahyani

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional