Menu

One Day Service Diadakan Disdukcapil Untuk Tingkatkan Kepemilikan Akta Kelahiran di Mekarjaya

  Dibaca : 497 kali
One Day Service Diadakan Disdukcapil Untuk Tingkatkan Kepemilikan Akta Kelahiran di Mekarjaya

Siarandepok.com – Tingkatkan kepemilikan akta kelahiran anak usia 0-18 tahun di Kelurahan Mekarjaya, Kecamatan Sukmajaya, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok, menggelar program yang diberi nama ‘One Day Service’. One Day Service yaitu program pelayanan catatan sipil yang diadakan selama satu hari di Kelurahan Mekarjaya.

Program One Day Service merupakan bentuk pelayanan terbaik yang diberikan dalam pembuatan akta kelahiran. Sebab dalam pelayanan satu hari, akta kelahiran langsung diterbitkan pada hari tersebut. Kalau sesuai prosedur, penerbitan akta kelahiran dibutuhkan 30 hari kerja,” jelas Kepala Disdukcapil Kota Depok, Misbahul Munir usai kegiatan yang berlangsung pada Rabu, 28 Maret 2018.

Banyaknya jumlah anak usia 0 sampai dengan 18 tahun yang belum memiliki akta kelahiran di Kelurahan Mekarjaya, menjadikan Kelurahan Mekarjaya sebagai pilot project dari program mewujudkan kelurahan sadar administrasi kependudukan yang diselenggarakan oleh Disdukcapil.

Berdasarkan data yang kita miliki, dari jumlah 17.606 anak, maka yang belum memiliki akta kelahiran ada 3.872 orang,” ungkap Munir.

Menurut penuturan salah satu warga Kelurahan Mekar Jaya bernama Fath Sukin (50), adanya program One Day Service, dapat memudahkan warga dalam mengurus pembuatan akta kelahiran tanpa harus menunggu waktu yang lama.

Pelaksanaan program One Day Service sangat membantu kami terutama bagi orang tua yang tidak punya banyak waktu karena urusan kerjaan. Kami harapkan pelayanan seperti ini rutin diadakan tidak hanya di Mekarjaya tetapi di kelurahan yang lainnya,” ungkapnya.

 

Penulis: Suci Cahyani

Editor: Siti Melyana

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional