Menu

Dinkes Depok Keluarkan Surat Edaran Terkait Temuan Cacing Pada Produk Ikan Kaleng di Riau

  Dibaca : 688 kali
Dinkes Depok Keluarkan Surat Edaran Terkait Temuan Cacing Pada Produk Ikan Kaleng di Riau
Surat Edaran yang Dikeluarkan Oleh Dinkes Depok Terkait Temuan Cacing Pada Ikan Kaleng

Siarandepok.com – Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Ernawati mengungkapkan bahwa terkait dugaan adanya cacing di dalam produk ikan makarel dalam kemasan, belum ditemukan di Kota Depok. Hal tersebut diungkapkan setelah dikeluarkannya surat edaran tentang temuan cacing dalam produk ikan kaleng pada 22 Maret 2018 lalu oleh pihak Dinkes Depok.

Surat Edaran yang Dikeluarkan Oleh Dinkes Depok Terkait Temuan Cacing Pada Ikan Kaleng

Dinkes mengeluarkan surat edaran yang merupakan tindaklanjut dari Badan Pemeriksaan Obat dan Makanan (BPOM) Republik Indonesia tentang kasus produk ikan makarel kaleng yang mengandung cacing menjadi viral semenjak pertama kali di Pekanbaru, Riau pada 20 Maret 2018. Kami sudah berikan surat edaran dan Alhamdulillah belum ada temuan di lapangan terkait produk tersebut,” ujar Ernawati pada Kamis, 29 Maret 2018.

Berdasarkan hasil pemeriksaan dan pengujian pada produk ikan makarel dalam saus tomat di kaleng ukuran 425 gram, terdapat di sejumlah merek. Oleh karena itu, Ernawati mengatakan, dalam surat edaran tersebut, pihaknya telah memerintahkan kepada importir untuk segera menarik sejumlah merek produk ikan makarel dari peredaran dan juga segera melakukan pemusnahan.

Terakhir, Ernawati mengimbau kepada pemilik atau penanggungjawab supermarket atau minimarket untuk tidak menjual sejumlah produk ikan makarel. Ia juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak mengonsumsi produk ikan kaleng karena telah terbukti ditemukan cacing mati yang dikhawatirkan dapat mengganggu kesehatan.

 

Penulis: Siti Melyana

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional