Menu

Inilah Cara Unik Kelurahan Tanah Baru Dalam Menanggulangi Sampah

  Dibaca : 376 kali
Inilah Cara Unik Kelurahan Tanah Baru Dalam Menanggulangi Sampah

Siarandepok.com – Sampah adalah salah satu masalah yang tak pernah luput dari kehidupan manusia. Terlebih, di zaman sekarang, saat di mana sampah menjadi tak terkendali dan sulit untuk diatasi karena banyaknya sampah yang tidak ramah lingkungan ataupun sulit dilebur oleh alam. Tentunya hal ini menimbulkan banyak dampak negatif untuk kehidupan manusia maupun alam. Salah satu contohnya adalah tercemarnya air sungai dan laut akibat sampah, sehingga menyebabkan banjir dan kesulitan air bersih serta merusak ekosistem bawah air.

Berbagai upaya pun terus dilakukan untuk dapat mengatasi permasalahan sampah yang semakin menjadi. Terutama di kota-kota metropolitan yang cenderung konsumtif. Di Kota Depok sendiri, salah satu kelurahannya, yakni Kelurahan Tanah Baru, memiliki cara unik untuk meminimalisir sampah. Cara unik tersebut yaitu dengan membuat kegiatan yang diberi nama ‘Sedekah Sampah’.

Melalui kegiatan sedekah sampah ini, masyarakat Kelurahan Tanah Baru diajak untuk peduli terhadap sampah dan lingkungan dengan melakukan penyetoran sampah yang dimilikinya ke bank sampah yang telah dibentuk oleh Kelurahan Tanah Baru.

Sedekah sampah merupakan kegiatan positif dan bermanfaat bagi masyarakat, dan mengajak masyarakat peduli terhadap lingkungan,” ujar Lurah Tanah Baru, Zakky Fauzan.

Zakky menjelaskan bahwa dengan memberdayakan 10 bank sampah yang terdapat di Kelurahan Tanah Baru melalui kegiatan sedekah sampah ini, akan menghasilkan donasi dalam bentuk uang yang berasal dari sampah yang telah dikumpulkan.

Nantinya, hasil dari sedekah sampah ini akan kami sumbangkan ke salah seorang warga di Kelurahan Tanah Baru yang sedang tertimpa musibah. Ini merupakan hasil dari kesepakatan warga Kelurahan Tanah Baru,” ungkapnya yang menjelaskan aliran dana donasi tersebut.

Dirinya mengatakan, melihat perkembangan masyarakat yang antusias dalam berpartisipasi dalam kegiatan sedekah sampah, pihaknya berencana akan rutin melakukan kegiatan tersebut setiap tahunnya.

Ini menjadi salah satu langkah kami juga dalam mewujudkan program unggulan Pemerintah Kota Depok, dalam menciptakan kota bersih,” pungkasnya.

 

Penulis: Suci Cahyani

Editor: Siti Melyana

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!