Menu

Bursa Kerja Online Depok: Bermanfaat Tapi Belum Banyak Diketahui

  Dibaca : 356 kali
Bursa Kerja Online Depok: Bermanfaat Tapi Belum Banyak Diketahui

Siarandepok.com – Untuk membantu mengurangi angka pengangguran yang ada di Kota Depok, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Depok telah melakukan berbagai upaya dan solusi bagi pengangguran di Kota Depok. Salah satunya adalah dengan membuat sebuah Bursa Kerja Online yang dikelola langsung oleh Pemkot Depok.

http://bkol.depok.go.id/ adalah alamat website bursa online tersebut. Dengan adanya sarana tersebut, masyarakat Kota Depok dapat dibantu langsung oleh Pemkot Depok untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan kemampuannya. Begitu pun dengan perusahaan yang dapat secara terbuka memberikan kriteria tenaga kerja seperti apa yang mereka butuhkan.

Ini yang kurang diketahui oleh masyarakat. Ini harus disosialisasi, para pencari kerja itu bisa langsung memberikan berkas-berkasnya ke dinas. Nanti, dimasukkan ke komputerisasi dengan kapasitas kemampuan seperti ini. Nah, nanti ketika ada perusahaan yang membutuhkan,  kita langsung ngelink (melalui bursa kerja online) sudah sesuai nggak dengan kriteria yang diinginkan perusahaan. Ini yang jarang diketahui oleh masyarakat Depok, ungkap Wali Kota Depok, Mohammad Idris usai menghadiri sekaligus membuka kegiatan bursa kerja dari Disnaker Kota Depok di Depok Mall, Senin, 26 Maret 2018.

Menurut data terakhir yang dimiliki, yakni data di tahun 2015. Jumlah pengangguran di Kota Depok mencapai 72 ribu jiwa, atau setara dengan 7,4% dari total jumlah penduduk di tahun itu yang mencapai 2 juta 95 ribu jiwa. Idris mengatakan bahwa seharusnya jumlah ini sudah berkurang. Sebab, sebanyak 6.500 jiwa penduduk Kota Depok di tahun 2016, sudah memiliki pekerjaan, baik itu melalui bursa kerja, ataupun melamar langsung ke perusahaan.

Harusnya sudah terkurangi karena tahun 2016 saja, hampir sama dengan 2017, itu sekitar 6.500-an, baik yang lewat bursa kerja, ataupun yang langsung ke perusahaan,” terangnya.

 

Penulis: Suci Cahyani

Editor: Siti Melyana

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional