Menu

Wali Kota Depok Sebut Olahraga Tradisional Mengandung Banyak Filosofi

  Dibaca : 425 kali
Wali Kota Depok Sebut Olahraga Tradisional Mengandung Banyak Filosofi

Siarandepok.com – Hadir sekaligus memberikan sambutan dalam kegiatan Sosialisasi Olahraga Tradisional Hadangan, Wali Kota Depok, Mohammad Idris, mengatakan bahwa olahraga tradisional adalah olahraga yang banyak mengandung filosofi.

Olahraga tradisional saat ini perlu dihidupkan kembali karena banyak mengandung filosofi,” ujar Idris membuka sambutannya di lapangan Balai Kota Depok, pada Kamis, 22 Maret 2018.

Salah satu olahraga tradisional tersebut ialah permainan olahraga tradisional Hadangan, atau yang lebih sering disebut sebagai Gobak Sodor maupun Galasin. Permainan olahraga yang berkembang di Pulau Jawa ini adalah permainan asli Indonesia yang membutuhkan dua tim untuk memainkannya, yakni tim lawan dan tim penyerang. Tim penyerang bertugas lolos dari pertahanan tim lawan. Sedangkan tim lawan bertugas mempertahankan wilayahnya dari tim penyerang. Meski kini kurang dikenal oleh anak-anak di era millennial, tetapi permainan Gobak sodor ini sempat banyak digandrungi oleh anak-anak di era tahun ‘90-an.
Menurut penuturan Wali Kota Depok, dahulu, permainan asal Yogyakarta ini, memiliki manfaat serta filosofi bagi para prajurit perang untuk melatih keterampilan berperang mereka.

Kalau di Yogyakarta dulu filosofi permainan ini banyak dilakukan oleh prajurit pada zaman perang untuk keterampilan latihan-latihan perang, karena di situ nanti harus banyak strategi bagaimana kita bisa masuk dan bisa keluar kembali,” ungkap Idris menjelaskan.

 

Penulis: Suci Cahyani

Editor: Siti Melyana

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional