Menu

BNN Katakan Penyalahgunaan Narkoba Kini Darurat

  Dibaca : 309 kali
BNN Katakan Penyalahgunaan Narkoba Kini Darurat

Siarandepok.com – Penyalahgunaan Narkotika dan Obat atau Bahan Berbahaya (Narkoba) adalah salah satu masalah yang hingga saat ini belum dapat terselesaikan secara menyeluruh. Sebab, perdagangan dan peredaran barang ilegal ini, semakin menjadi dan terus melebarkan sayapnya. Baik itu di Indonesia maupun di skala Internasional.

Tidak terkecuali dengan Kota Depok. Menurut Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Depok, saat ini penyalahgunaan narkoba sedang dalam fase darurat. Hal ini kian mencemaskan. Terlebih, saat ini Indonesia juga telah menjadi sektor pemasaran dari barang ilegal tersebut, bukan lagi sekadar tempat untuk transit. Oleh sebab itu, saat ini, BNN Kota Depok juga sangat memerlukan dukungan dari para stakeholder dalam menanggulangi masalah darurat penyalahgunaan narkoba yang kian menjadi ini.

BNN Kota Depok, tidak dapat bekerja sendiri tanpa adanya dukungan dari seluruh stakeholder. Baik itu pemerintah, instansi swasta, maupun masyarakat. Saat ini, Indonesia sudah tidak lagi daerah transit, melainkan sudah menjadi lokasi pemasaran,” ungkap Kepala Seksi Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M) BNN Kota Depok, Kompol Sunarto.

Sunarto juga menjelaskan bahwa untuk melakukan antisipasi dan pencegahan penyalahgunaan narkoba di Kota Depok, pihaknya terus melakukan berbagai upaya yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah menyampaikan informasi dan sosialisasi melalui tatap muka langsung, media elektronik maupun media konvensional.

Selain itu, agar penyalahgunaan narkoba tidak menyebar di lingkungan masyarakat, pihaknya bersama dengan instansi pemerintah telah mencoba melakukan advokasi terhadap penyalahgunaan narkoba tersebut.

Sebenarnya dalam pencegahan, kuncinya kembali lagi kepada masyarakat. Salah satunya, kepedulian  masyarakat dalam penyalahgunaan narkoba dengan cara melaporkan jika ada yang mencurigakan,” terangnya.

Kini, Sunarto juga sedang fokus mendata daftar obat-obatan kategori G, di mana obat-obatan tersebut masuk ke dalam kategori psikotropika. Meski bukan termasuk dalam kategori narkoba, tetapi obat-obat tersebut disinyalir memiliki efek yang tak kalah berbahaya jika dikonsumsi dengan cara yang tidak tepat atau tidak sesuai dengan resep dokter.

 

Penulis: Suci Cahyani

Editor: Siti Melyana

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional