Menu

Kota Depok Upayakan Adanya Sekolah Inklusi di Setiap Kecamatan

  Dibaca : 326 kali
Kota Depok Upayakan Adanya Sekolah Inklusi di Setiap Kecamatan

Siarandepok.com – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok terus berupaya untuk mendorong setiap kecamatan yang ada di Kota Depok untuk memiliki setidaknya satu sekolah tingkat SD dan SMP yang menyediakan kelas-kelas inklusi. Hal ini bertujuan untuk mewujudkan Kota Depok sebagai Kota Ramah Anak Berkebutuhan Khusus (ABK).

Seperti yang dikatakan oleh Kepala Disdik kota Depok, yakni Mohammad Thamrin. Ia menjelaskan bahwa adanya sekolah dengan pendidikan inklusi diharapkan dapat memberikan perlakuan dan hak yang sama terhadap para ABK dari segi pendidikan. Selain itu, dengan adanya pendidikan inklusi, diyakini Thamrin, dapat membuat ABK lebih cepat bergaul dengan anak-anak normal dan dapat menumbuhkan rasa percaya.

Tentu ini upaya yang bagus, di mana semua anak berbaur dan berkomunikasi satu sama lain, sehingga membiasakan mereka untuk beradaptasi dengan lingkungan luar,” ujar Thamrin menjelaskan.

Thamrin juga menjelaskan bahwa untuk membantu terealisasinya sekolah inklusi ini, pihaknya memberikan tambahan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) sebesar Rp50 juta. Nantinya, dana tersebut dapat digunakan untuk terapi yang bisa menunjang kesembuhan dan kreativitas para peserta didik yang dalam hal ini adalah ABK.

Seperti yang diberikan kepada SD Negeri 8 Depok Baru, Pancoran Mas dan SD Negeri 3 Cisalak Pasar, Cimanggis. Mereka memiliki puluhan hingga seratusan murid-murid ABK,” ungkapnya.

Bantuan yang rutin diberikan setiap tahun ini diberikan berdasarkan petunjuk teknis (juknis) dari Wali Kota Depok, yakni Mohammad Idris. Tidak hanya itu, bantuan tersebut juga diberikan untuk sekolah-sekolah yang memiki hal-hal khusus seperti SMPN 1 dan SMPN 11 Kota Depok yang berbasis seni dan olahraga.

 

Penulis: Suci Cahyani

Editor: Siti Melyana

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional