oleh

Hadiri FGD Bappeda, dr. Dewi Inong Katakan Kondom Tak Dapat Cegah Penyakit Menular Seksual Ini

Siarandepok.com – Diminta untuk menjadi salah satu narasumber dalam kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Depok yang bertempat di Aula Bappeda Lantai 3 Gedung Dibaleka Kota Depok pada Selasa, 6 Maret 2018 lalu, dr. Dewi Inong Irana, Sp.KK. banyak menyampaikan hal penting seputar hubungan seks bebas dan hubungan Lesbian Gay Biseksual dan Transgender (LGBT) dari segi kacamata kesehatan.

Salah satunya adalah mengenai fakta sebenarnya dari alat kontrasepsi kondom. Seperti yang diketahui, di Indonesia banyak kampanye dan imbauan yang menyatakan bahwa pemakaian kondom adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya penularan penyakit HIV/AIDS ataupun penyakit menular seksual lainnya. Namun faktanya, menurut dr. Dewi Inong yang merupakan spesialis kulit dan kelamin, itu tidaklah benar.

Kami, Persatuan Dokter Kulit Kelamin Indonesia, Perdoski itu maju ke Menteri Kesehatan, minta diturunkan bahwa save seks adalah pake kondom. Itu salah sama sekali. Ngeri sekali itu,” ujar dr. Dewi Inong saat tengah menyampaikan materinya.

Menurutnya, kondom memang alat kontrasepsi yang aman digunakan untuk mencegah kehamilan. Namun, tidak  untuk mencegah penularan penyakit yang terjadi melalui hubungan seksual. Sebab, pori kondom hanya dirancang untuk menahan dan menampung sel sperma. Namun, tidak dengan virus Infeksi Menular Seksual (IMS) seperti HIV/AIDS ataupun yang lainnya yang ukurannya lebih kecil dibandingkan pori kondom.

Faktanya, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Prof. Dr. Mann dari Universitas Harvard, kondom hanya dapat mengurangi resiko penularan HIV/AIDS sekitar 26% saja. Itu berarti, resiko penularan HIV/AIDS yang menggunakan kondom masih terbilang cukup tinggi.

 

Penulis: Suci Cahyani

Editor: Siti Melyana

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru