Menu

Sebanyak 12 Puskesmas di Depok Akan Diakreditasi Oleh Kemenkes

  Dibaca : 548 kali
Sebanyak 12 Puskesmas di Depok Akan Diakreditasi Oleh Kemenkes

Siarandepok.com – Pada tahun 2017, sebanyak 11 Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Kota Depok telah diakreditasi oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Lalu, di tahun 2018 ini, Kemenkes akan kembali melakukan akreditasi dengan total 12 Puskesmas yang ada di Kota Depok.

Akan ada penambahan Puskesmas yang terakreditasi, dan ini sudah menjadi program kami dalam meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di Kota Depok,” ujar Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Enny Ekasari.

Enny juga menjelaskan bahwa di setiap Puskesmas yang akan diakreditasi harus sudah mulai mempersiapkan ketersediaan Sumber Daya Manusia (SDM) tenaga medis yang mumpuni dan tentunya mempersiapkan sarana dan prasarana sebagai pelengkap pelayanan. Selain itu, dibutuhkan juga dukungan dari para stakeholder terkait di setiap wilayah untuk mulai melakukan penyusunan dokumen akreditasi.

Tidak hanya itu, Enny pun menambahkan, Puskesmas yang nantinya akan mengikuti proses akreditasi sudah ditentukan dan tentunya sesuai dengan kesiapan Puskesmas tersebut. Adapun 12 Puskesmas pilihan yang nantinya akan diakreditasi, yaitu Unit Pelaksana Fungsional (UPF) Puskesmas Pengasinan, UPF Puskesmas Duren Seribu, UPF Puskesmas Rangkapan Jaya, UPF Puskesmas Tanah Baru, UPF Puskesmas Abadijaya, UPF Puskesmas Bhakti Jaya, UPF Puskesmas Vila Pertiwi, UPF Puskesmas Sukatani, UPF Puskesmas Cimpaeun, UPF Puskesmas Tugu, UPF Puskesmas Harjamukti, serta UPF Puskesmas Mekarsari.

Persiapan harus sudah mulai dilakukan di masing-masing Puskesmas. Hal itu agar nantinya saat dijadwalkan survei dari Kementerian, seluruh persyaratan sudah selesai,” tuturnya.

Ia pun berpesan kepada semua Puskesmas yang nantinya akan mengikuti proses akreditasi untuk terus memaksimalkan persiapan. Dengan begitu, diharapkan proses akreditasi dapat berjalan dengan lancar dan tentunya mendapatkan hasil yang memuaskan.

 

Penulis: Siti Melyana

Editor: Suci Cahyani

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional