Menu

Adakan Forum OPD, Diskominfo Bahas Tujuh Isu Strategis di Kota Depok

  Dibaca : 648 kali
Adakan Forum OPD, Diskominfo Bahas Tujuh Isu Strategis di Kota Depok

Siarandepok.com – Senin, 19 Februari 2018, telah berlangsung kegiatan Forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang diadakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok. Kegiatan yang menghadirkan tiga narasumber ini, diadakan di Wisma Hijau, Cimanggis, Kota Depok dengan membahas tujuh isu strategis yang ada di Kota Depok dalam rentang waktu tahun 2016—2021.

Adapun tujuh isu strategis tersebut ialah penerapan Kota Cerdas (Smart City), Integrasi data, layanan online, tingginya kebutuhan masyarakat terhadap TIK yang dititikberatkan pada pelayanan internet gratis, kebutuhan pelaporan (Control Room), tuntutan publik akan keterbukan informasi dan transparansi, dan yang terakhir adalah perencanaan pembangunan dan pemberi kebijakan yang berdasarkan data, dan informasi statistik. Ketujuh isu tersebut diambil berdasarkan evaluasi dan pengamatan yang telah dilakukan oleh Pemkot Depok.

Kita kan euforianya kan mengusulkan bikin sistem ini, Depok media bikin sistem ini. Bahkan di dalam OPD itu banyak sekali terdapat sistem-sistem tapi kita, sebetulnya tidak menyiapkan apa yang menjadi dasar untuk menyusun sistem itu. Karena sebenarnya sistem itu dibentuk untuk kebutuhan,” ungkap  Kepala Bidang Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Bappeda Kota Depok, Drs. Dody Setiawan, M.Si.

Nantinya, isu-isu tersebut akan ditindaklanjuti untuk diperbaiki dan direalisasikan. Salah satu caranya yaitu dengan merealisasikan Kota Depok menjadi Smart City, seperti yang disampaikan oleh salah satu tim dari Smart City, Indra Gilang. Ia mengatakan bahwa nantinya akan ada empat poin dalam melakukan pembangunan Smart City. Empat poin tersebut yakni Single Windows yaitu mempermudah pelayanan melalui sebuah smartphone. Lalu, kedua adalah Single Contact. Ketiga yaitu Big Data atau sistem informasi yang terpusat, serta yang terakhir adalah Duta Informasi Kota Depok yang nantinya dapat membantu Pemerintah Kota (Pemkot) Depok. Diharapkan, hal ini dapat menjadi solusi bagi masalah-masalah yang sering kali menjadi kebutuhan bagi masyarakat Kota Depok. 

 

Penulis: Suci Cahyani

Editor: Siti Melyana

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional