Menu

Diresmikannya Gedung Balai Rakyat: Digunakan Bersama dan Jadi Tanggungjawab Bersama

  Dibaca : 394 kali
Diresmikannya Gedung Balai Rakyat: Digunakan Bersama dan Jadi Tanggungjawab Bersama

Jumat, 12 Januari 2018, Walikota Depok telah meresmikan Gedung Balai Rakyat yang telah usai diperbaharui/renovasi. Gedung yang yang rencananya akan digunakan sebagai salah satu fasilitas umum ini, terletak di Kelurahan Depok Jaya, Kecamatan pancoran Mas Depok. Dapat dijadikan gedung serbaguna, gedung ini adalah salah satu realisasi nyata dari Pemerintah Kota Depok dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas bangunan yang menjadi fasilitas umum.

Walikota Depok pun menyampaikan bahwa nantinya, gedung itu akan digunakan bersama, oleh sebab itu pengawasan gedung itu pun menjadi tanggung jawab bersama. Yakni masyarakat dan pemerintah kota Depok.  Seperti yang Ia ucapkan usai menghadiri acara peresmian Gedung Balai Rakyat tersebut.

““Mekanisme pemanfaatan gedung ini memang ada di Badan Keuangan Daerah (BKD) di bawah  Bidang Aset. Namun untuk pengawasan harus dilakukan secara bersama. Kita harus bisa jamin, yang menggunakan gedung ini, tidak merusak fasilitas yang ada,”  ujarnya saat itu.

Meskipun begitu,untuk penggunaan gedung sendiri akan diatur mekanismenya oleh Badan Keuangan Daerah (BKD) tepatnya di bagian aset.  sebab, perlu ada badan yang dapat mengatur regulasi peminjaman gedung agar tidak bentrok dan juga perlu ada yang mengatur terkait biaya sewa gedung agar gedung tersebut dapat menjadi salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD). Hal ini pun telah tercatat secara resmi dalam Peraturan Daerah (Perda) Kota Depok Nomor 8 Tahun 2011 tentang Retribusi Pemakaian Kekayaan Daerah.

Gedung dengan luas lahan 2516 meter dan luas bangunan 740 meter tersebut menelan biaya renovasii sebesar Rp. 2,4 miliar dan dapat digunakan sebagai tempat untuk acara atau kegiatan-kegiatan khusus. Seperti; tempat pertemuan dan sarana olahraga, resepsi pernikahan, dan lain-lain dan pastinya dengan harga sewa yang murah dan terjangkau.

 

(Suci)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional