Menu

Bangun Budaya Literasi, Pemkot Depok Gencarkan Program-Program Literasi

  Dibaca : 282 kali
Bangun Budaya Literasi, Pemkot Depok Gencarkan Program-Program Literasi

“Bangsa yang cerdas adalah bangsa yang masyarakatnya gemar membaca”. Hali itu memang tidak berlebihan. Mengingat salah satu sumber pengetahun terbesar didapat dengan membaca dan buku adalah salah satu benda yang dapat menjadi sumber bacaan tersebut.

Menurut sebuah survei, Indonesia adalah salah satu negara dengan tingkat minat baca yang rendah. Hal itu berkaitan dengan budaya orang-orang indonesia yang lebih gemar menceritakan dan mendengarkan dibanding membaca sebuah teks. Oleh sebab itu, belakangan ini pemerintah, terutama pemkot Depok sedang gencar-gencarnya membangun budaya literasi. Yakni budaya menulis dan membaca.

Salah satu upaya dalam membangun budaya literasi di Depok adalah dengan melakukan gerakan-gerakan literasi ke sekolah-sekolah. Diharapkan dengan adanya kegiatan tersebut, akan tumbuh budaya membaca di kalangan masyarakat.

Menurut Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) Kota Depok, yakni Siti Chaerijah. Untuk menumbuhkan budaya literasi di Depok, ia dan rekan-rekannya selalu berusaha menyediakan buku-buku bacaan berkualitas, mulai dari literasi sastra hingga ilmu pengetahuan. tidak hanya itu, ia jugan akan lebih gencar mengaktifkan perpustakaan keliling untuk masyarakat.  “Setiap ada kegiatan masyarakat, kita inginnya berkolaboraksi (kolaborasi dan aksi) untuk sama-sama bergerak. Selama kami mendapatkan informasinya, perpustakaan keliling insya Allah akan hadir,” ujarnya. Ia juga berharap dengan gerakan literasi ini dapat memotivasi masyarakat Depok untuk turut ambil bagian dalam semangat gerakan membaca. Serta melalui gerakan literasi nantinya, semakin tumbuh budaya membaca sejak usia kanak-kanak.

 

(Suci)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional