oleh

Mahir Berpuisi, Mohammad Idris Dorong Pembangunan Galeri Seni

Siarandepok.com- Wali Kota Depok Dr. KH. Mohammad Idris mendapat kepercayaan dari Yayasan Hari Puisi Indonesia untuk membaca puisi hasil karyanya sendiri pada peringatan Hari Puisi Indonesia 2017.  Kegiatan yang bertajuk Parade Puisi tersebut menghadirkan sejumlah pejabat, tokoh, pengusaha, dan penyair se Indonesia.

Orang nomor satu di Kota Depok ini menuturkan, bahwa penampilannya dalam kegiatan ini merupakan kali kedua. Dimana pada tahun 2015 lalu pun, saat ia menjadi Wakil Wali Kota Depok, dirinya pernah membacakan puisi.

Dan, pada kali ini Mohammad Idris mampu menghipnotis para penonton saat membawakan puisi berjudul Para Kesatria. Sebuah puisi yang ia tulis di malam Hari Raya Idul Fitri 1438 H.

“Persiapan dalam acara ini sangat singkat. Puisi yang cukup panjang tersebut saya revisi hingga akhirnya hanya berdurasi sembilan menit, karena dikolaborasikan dengan sentuhan lagu yang berjudul Damba Cinta ,” ujar Kiai Idris usai membacakan puisi di Hari Puisi Indonesia 2017, Taman Ismail Marzuki, Selasa (03/10).

Pria yang pernah belajar teater ketika di Pondok Gontor ini menuturkan bahwa seni puisi merupakan upaya menenangkan hati dan pikiran dari hiruk pikuk kepadatan tugas harian. Dengan mencintai seni, nuansa baru dalam kehidupan sehari-hari akan lahir dan potensi diri jadi tergali yang tidak mustahil akan berbuah prestasi.

“Salah satu manfaat seni adalah menghaluskan jiwa, menghilangkan stres. Ini menjadi salah satu upaya bagaimana kita bisa menetralisir situasi dan kondisi ketika menjalankan tugas serta memberikan nuansa baru,” terangnya.

Ia pun menuturkan, kesenian di Kota Depok saat ini makin berkembang, baik secara swadaya maupun yang difasilitasi Pemerintah Kota Depok. Pemkot Depok pun tengah serius memberikan wadah kesenian berupa sebuah galeri seni atau gedung kebudayaan yang akan menjadi tempat anak-anak menggali potensi dalam berkreasi.

“Pemerintah Kota Depok memiliki Taman Musik Depok, dimana anak- anak berlatih menggali potensi di bidang seni musik. Rencananya, kami akan membuat sebuah festival seni  yang dapat diikuti seluruh elemen masyarakat, ” pungkasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru