Menu

Masyarakat Kota Depok Peduli Rohingya

  Dibaca : 619 kali
Masyarakat Kota Depok Peduli Rohingya

Siarandepok.com- Berbagai elemen masyarakat kota Depok yang tergabung dalam Komite Kemanusiaan Kota Depok (3K-D) seperti, NU, Muhamadiyah, MUI, FPI,Baznas Depok, BKPRMI, DMI, IKADI, Karang taruna, LPM, IMM, AMK, APPI, Yayasan Furtune, Patriot Bela Bangsa,Paguyuban Satria Nusantara, FKT, BM -PAN, dan lainnya melakukan aksi Damai Depok peduli Rohingya di Pertigaan lampu merah Ramanda, Jalan Margonda, Jum’at (08/09/2017).

Dalam aksinya 3K-D mengajak seluruh elemen masyarakat sekaligus mengalang dana dalam bentuk materi dan lainnya untuk etnis Rohingya. 3K-D sangat memahami bahwa saat ini diperlukan tindakan nyata, tidak hanya sekedar membuat kecaman-kecaman atas kejadian itu.

Aksi Teatrikal oleh Tim Ilustrasi dalam Aksi Damai Depok Peduli Rohingya

Aksi Ini merupakan wujud kepedulian secara nyata dan lahir secara spontanitas dari hati masyarakat kota Depok.

“Dengan aksi Ini Komite Kemanusiaan Kota Depok (3k-D) meminta Perserikatan Bangsa -Bangsa( PBB) melalui Dewan keamanan PBB agar memberikan Tekanan kepada pemimpin de-facto Myanmar sekaligus peraih hadiah Nobel,Aung San Suu Kyi, krisis Di Utara Rakhine yang berujung pada kejahatan kemanusiaan terhadap etnis Rohingnya dan menghentikan Operasi Militer pemerintahanya, ” Jelas Para Orasi di depan jalan Raya Margonda depan bundaran Pertokohan Alamanda.

Ada beberapa hal yang menjadi sikap dari 3K-D ini, yakni pertama, menghentikan kekerasan, pembantaian dan diskriminasi kepada etnis Rohingya dengan alasan apapun sekarang juga;

kedua, mengakui etnis Rohingya sebagai bagian dari warga negara Myanmar untuk mendapatkan hak dan kewajiban seperti warga Myanmar lainnya.

Ketiga, 3K-D menuntut untuk tegakkan keadilan, memproses hukum yang adil dan tegas bagi para penjahat kemanusiaan.

Keempat, perlu melakukan upaya repatriasi para manusia perahu dan pencari suaka yang terserak di berbagai negara ketika kondisi sudah kondusif.

Terakhir, Myanmar perlu melakukan rehabilitasi, restorasi, dan juga rekonstruksi aspek-aspek fisik maupun non fisik.

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional