Menu

Tim Indik-Indik Siap Hadapi Pembuang Sampah Liar di Kelurahan Tugu

  Dibaca : 553 kali
Tim Indik-Indik Siap Hadapi Pembuang Sampah Liar di Kelurahan Tugu

Siarandepok.com- Kini, para pembuang sampah liar di Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok, harus berhadapan Tim Indik-indik. Tim yang dibentuk sejak Mei 2017 ini bertugas mengawasi dan menangkap serta menindak oknum yang membuang sampah sembarangan di kelurahan ini.

Syaiful Hidayat, Lurah Tugu, menuturkan, Tim Indik-indik dibentuk dari perwakilan masyarakat. Tim ini wujud kerjasama antara kelurahan dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok.

“Kami telah melakukan sosialiasi ke warga terkait keberadaan Tim Indik-indik ini. Karena itu, warga segera laporkan bila menemukan pembuang sampah liar,” ucapnya kepada, Senin (10/07).

Menurut pantauan hingga detik ini, terang Syaiful, para pembuang sampah liar justru bukan dari Tugu melainkan dari warga kelurahan lain. Jalan H. Icang dan Tugu Raya merupakan lokasi ‘favorit’ tempat membuang sampah sembarangan. Waktu maghrib dan tengah malam kerap dijadikan momen yang pas bagi mereka yang membuang sampah sembarangan.

“Kami bertugas untuk mengintai maka jam patroli juga tidak boleh diketahui. Kebanyakan pembuang sampah liar itu melakukan aksinya saat magrib atau tengah malam,” terangnya.

Adapun sanksi bagi pembuang sampah sembarangan, lanjut Syaiful, pihaknya akan melakukan penahanan Kartu Tanda Penduduk (KTP) mereka. Selain itu, pembuang sampah liar juga diberikan pemahaman perilaku membuang sampah sembarangan tidak baik.

“KTP boleh diambil kembali dengan syarat menandatangani surat pernyataan untuk tidak mengulangi perbuatannya itu,” tegasnya.

Syaiful berharap, keberadaan Tim Indik-indik mampu menopang terwujudnya visi Kelurahan Tugu untuk menjadi wilayah yang asri bisa. Ia pun berterima kasih kepada warga yang telah bersinergi dan mau bekerjasama untuk mewujudkan visi tersebut.

“Alhamdulillah, keberadaan Tim Indik-indik selama ini cukup efektif dan tentu akan terus kami tingkatkan lagi,” tandasnya.

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional