Menu

Angkutan Umum Harus Berbadan Hukum

  Dibaca : 384 kali
Angkutan Umum Harus Berbadan Hukum

Siarandepok.com-“Saat ada subsidi dari pemerintah, tidak bisa disampaikan ke perorangan melainkan harus ke badan hukum,” ujar Kepala Bidang Angkutan Dishub Depok Anton Tofani M, Jumat (07/07).

Anton mengatakan, hingga kini terdapat 23 badan hukum yang menaungi angkutan umum di Kota Depok. Angkutan umum di Depok yang sudah berstatus badan hukum baru 47 persen dari total 2.884 angkutan yang beroperasi.

“Namun jumlah angkutan yang aktif beroperasi tidak sejumlah itu. Nantinya, kami akan melakukan pengecekan kembali. Diperkirakan hanya sekitar 80 persen saja yang masih aktif beroperasi dari total angkutan di Depok,” tuturnya.

Dishub pun telah memberikan kemudahan mengurus ijin trayek dan mendaftar ke badan hukum, yakni dengan memberikan insentif sampai dengan tanpa dipungut biaya sama sekali alias gratis. Insentif ini diberlakukan selama enam bulan sejak Januari 2017 hingga Juni 2017.

“Ini salah satu upaya kami untuk membantu para supir dan pemilik angkutan agar bisa berbadan hukum. Mengingat biaya untuk itu tidak murah. Sedangkan keadaan angkutan umum saat ini sedang sulit,” paparnya.

Dishub Kota Depok pun menargetkan seluruh angkutan umum di Depok berstatus badan hukum di tahun 2017 ini. Hal ini diberlakukan guna mempermudah dalam pengelolaan dan pengawasan angkutan serta kemudahan para supir dan pemilik angkutan umum.
Jika sudah terealisasi, terang Anton, akan mempermudah dan memberi keuntungan bagi semua pihak terkait termasuk masyarakat. Misalnya, jika ada keluhan dari masyarakat terhadap supir, maka akan mudah melakukan pelacakan dan penindakan melalui badan hukum yang menaunginya.
Selain itu, lanjut Anton, jika ada kebijakan berupa subsidi dari pemerintah, misalnya. Maka, Dishub cukup menyampaikan kepada badan hukum. Selanjutnya badan hukum yang akan meneruskan kepada pemilik angkutan umum.

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional