Menu

Cara Unik Bagikan Takjil Gratis ala Baznas Depok

  Dibaca : 812 kali
Cara Unik Bagikan Takjil Gratis ala Baznas Depok

Siarandepok- Banyak cara meraih kebaikan di bulan Ramadhan. Salah satunya membagikan takjil gratis kepada masyarakat seperti yang dilakukan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Depok. Pembagiannya pun cukup unik. Baznas Depok membagikan takjil gratis ini dengan bersepeda. Unik, bukan! Hal ini dilakukan untuk sosialisasi program pemberian sepeda kopi bagi masyarakat kurang mampu di Depok. Thus, sekali mendayung dua tiga pulau pun terlampaui.

Ketua Baznas Encep Hidayat mengatakan bahwa pembagian takjil dengan bersepeda memang sudah direncanakan alias sengaja. Sebab, Baznas ingin memperkenalkan alat transportasi sepeda yang akan dijadikan sarana usaha bagi masyarakat yang kurang mampu.

“Rencananya kami menyediakan 100 sepeda kopi bagi warga kurang mampu di Depok. Karena itu, saat ini sepeda tersebut kami manfaatkan untuk alat bagi-bagi takjil gratis selama sepuluh hari yaitu sejak Senin hingga Rabu,” tutur Encep, Rabu (31/05).

Pembagian takjil ini dilakukan di dua lokasi, yakni Jalan Raya Margonda dan Jalan Raya Juanda. Selain itu, Baznas ingin membantu pengguna jalan yang tidak sempat berbuka di rumah, karena masih terjebak rutinitas di jalan saat waktu berbuka puasa tiba.

“Ini baru pertama kali kami lakukan. Selain itu, kegiatan bagi-bagi takjil gratis ini sebagai bentuk sosialisasi Baznas Depok sebagai Lembaga Amil Zakat (LAZ) resmi dengan berbagai program nyata,” katanya.

Baznas menargetkan 100 paket takjil setiap hari untuk masyarakat. Selain itu, Baznas Depok juga telah menyosialisasikan lembaga dan program mereka kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kota Depok. Karena itu, pencapaian penerimaan zakat terus mengalami peningkatan setiap bulan.

“Perolehan zakat Baznas Depok mengalami peningkatan signifikan dan kami terus melakukan sosialisasi hingga di bulan Ramadhan ini,” ujarnya.

Baznas Depok, lanjut Encep, sudah menyalurkan perolehan dana yang diterimanya dalam berbagai kegiatan. Contohnya adalah membantu pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) untuk 11 rumah di Depok. Ia pun berharap kesadaran masyarakat untuk membayar zakat semakin tinggi. Karena itu, masyarakat dapat menyalurkannya melalui lembaga zakat yang sudah resmi seperti Baznas.

“Kalau zakat fitrah biasanya untuk lingkungan, namun untuk zakat mal sebaiknya disalurkan melalui LAZ yang memang sudah resmi,” tutupnya.

 

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!