Suka Cita Berpuasa

- Reporter

Sabtu, 27 Mei 2017 - 10:25

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Oleh: Dr. Syamsul Yakin, MA
UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Pengasuh Pondok Pesantren Madinatul Qur’an, Sawangan Depok

Abu Umamah meriwayatkan,
“Aku datang kepada Rasulullah dan bertanya: ‘Perintahkanlah aku untuk melaksanakan suatu perbuatan yang akan membawaku ke surga, Rasul Menjawab, ‘Lakukanlah puasa, karena tidak ada satupun (amal) yang menyamainya”
(HR. Ahmad, al-Nasa’i, dan al-Hakim)

Alhamdulillah hari ini kita sudah mulai berpuasa. Inilah bulan yang dinantikan, berlimpah berkah, rahmah, dan magfirah Gempita suka cita Ramadhan bertabur di mana-mana. Ramadhan begitu hangat, syahdu, dan dengan erat membalut perasaan hati kita dengan penuh cinta dan kasih sayang. Inilah bulan yang dirindukan, menyapa kita semua.
“Apabila Ramadhan tiba, maka pintu-pintu surga dibukakan lebar-lebar, pintu-pintu neraka dikunci rapat-rapat dan setan-setan dibelenggu erat-erat” (HR. Muslim).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Hadits ini memberikan gambaran bahwa Allah memberikan kemudahan dan peluang untuk memperbanyak ibadah kepada-Nya. Karena itu Allah menuntut kesungguhan kita, sebab kendati setan-setan telah dibelenggu dan pintu surga dibuka lebar-lebar akan menjadi tidak berarti kalau kita belum membelenggu ‘setan-setan’ di dalam hati kita sendiri. Pintu surga yang menganga justru kita tutup kembali rapat-rapat.
Setan di dalam hati kita itu adalah kesombongan, merasa paling berjasa, kaya, pintar, berpengaruh, suka memaki, menghina, dan menyepelekan kemampuan orang lain. Tepat, kalau Nabi mengatakan, “Barangsiapa tidak bisa meninggalkan perkataan kotor dan perbuatan kotor (selama berpuasa), maka Allah tidak sedikitpun menginginkan dia untuk meninggalkan makan dan minum (berpuasa)” (HR. Bukhari).

Sejatinya, kegembiraan kita menyambut puasa harus dibuktikan dengan memperbanyak ibadah. Sedetik pun di bulan ini tak ingin kita lewatkan sebab Ramadhan adalah momentum tak tergantikan. Rasulullah mengingatkan, bahwa hari-hari di bulan puasa adalah hari-hari paling utama. Jam-demi jamnya adalah jam-jam paling utama. Bahkan, kata Baginda Nabi, desah nafas kita bernilai tasbih, tidur kita ibadah, dan semua permohonan akan dikabulkan. Mudahnya, Ramadhan jangan sampai berlalu dengan sia-sia.

Santriwati Pondok Pesantren Madinatul Qur’an Sawangan mengisi hari-hari selama bulan Ramadhan dengan mengaji Kitab

Kita semua menyimpan harapan terhadap Ramadhan tahun ini. Harapan untuk menjadi pribadi yang suci diri, bertabiat baik, selalu taat, dan mampu menemukan kembali jati diri dan harga diri sebagai manusia. Kalau ramadhan-ramadhan yang pernah datang belum bisa memberikan perubahan dan perbaikan, maka ramadhan tahun ini harus menjadikan kita sebagai pribadi yang bertakwa. Sebab itulah tujuan tertinggi puasa. Sebagaimana pernyataan Tuhan, “Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa, sebagaimana telah diwajibkan atas mereka sebelum kamu, agar kamu bertakwa”. (QS. al-Baqarah/2:183)

Ayat ini jelas mengarahkan manusia beriman untuk menjadi manusia bertakwa. Caranya dengan berpuasa. Tetapi kita pun harus tahu diri, takwa bukan semata perolehan yang diberikan Allah begitu saja. Untuk menjadi takwa perlu perjuangan dan pengorbanan. Selain secara fisik menahan lapar, dahaga, dan seks sejak Subuh hingga Maghrib pada malam hari kita diminta untuk berpayah-payah tadarus al-Qur’an, memperbanyak shalat sunnah, baik tarawih maupun qiyamul lail. Inilah janji Nabi, “Barangsiapa yang melaksanakan shalat malam di bulan Ramadhan atas dasar iman dan mencari ridha Allah, maka Allah akan mengampuni dosa-dosanya yang telah lampau”. (HR. Bukhari dan Muslim).

Bertakwa bukan hanya saat berpuasa, tapi kapanpun dan di manapun. Begitu pula kebaikan-kebaikan yang kita tanam dibulan ini, seyogyanya mampu mengawal keperibadian dan tingkah laku kita dalam sebelas bulan kedepan. Siapapun kita, sebagai muslim, harus gembira menyambut puasa. Tidak hanya berlapar-lapar dan dahaga, sebab itu semua tidak bakal menyampaikan kita pada takwa. Bahkan, kata sebagian ulama sufi, puasa model itu adalah puasa yang kekanak-kanakan.

Mari kita puasakan juga mata, telinga, hidung, mulut, kaki, tangan, kemaluan, dan hati agar kita dicintai-Nya. Bila saja seorang hamba telah dicintai Allah, maka dalam sebuah hadist qudsi Allah berfirman: “…Kalau Aku sudah mencintaimu, maka ketika kamu melihat sesungguhnya kamu melihat dengan penglihatan-Ku, ketika kamu mendengar, kamu mendengar dengan pendengaran-Ku. Kalau kamu minta pertolongan, akan Kutolong segera, dan jika kamu meminta perlindungan, kamu akan Aku lindungi” (HR. Bukhari).

Mudah-mudahan dalam Ramadhan tahun ini kita benar-benar akan memperoleh cinta-Nya dan mendapat gelar pribadi bertakwa sebagai bekal menghadap-Nya. Seperti Allah tegaskan, “Berbekallah kamu! Sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah takwa” (QS. al-Baqarah/2:197). Jadi, tidak ada alasan bagi kita untuk tidak merasa gembira dengan datangnya bulan puasa.*⁠⁠⁠⁠

<

Berita Terkait

Perkuat UMKM Mustahik, BAZNAS RI Bersama PRIMA DMI dan IPTI Luncurkan ZCorner
Bhabinkamtibmas Pulau Harapan Giat Tadarusan Bersama Warga di Masjid Al-Hidayah
Surat Cinta untuk Sinergi Foundation dari Ponpes Takwinul Ummah Tasikmalaya
Hari Kelima Ramadhan, Santri Ponpes Nuu Waar Sukses Khatam Alquran 3600 Kali
Menag: Tahun Ini Tidak Ada Jemaah Haji Indonesia yang Ditempatkan di Mina Jadid
Marak Bullying, Ketua MUI Sebut Pentingnya Penguatan Akhlak Bangsa
Innalilahi waiinaillaihi Rojiun,Telah Berpulang ke Rahmatullah Al Habib Hasan bin Ja’far Assegaf
Gelar Kegiatan Pra Ramadan, Zona Madina Pastikan Program Berdampak Bagi Masyarakat

Berita Terkait

Kamis, 28 Maret 2024 - 13:56

Ketupat Makanan Khas Di Indonesia saat Lebaran, berikut Makna ketupat Lebaran dan cara membuatnya

Kamis, 28 Maret 2024 - 13:52

Dai-Daiyah Muda NU Trenggalek Antusias Ikuti Literasi Digital LD PBNU

Kamis, 28 Maret 2024 - 13:46

Tidak Sanggup Ibadah yang berat ? berikut 5 Amalan Ringan Bulan Ramadhan yang Berpahala Sangat Besar

Rabu, 27 Maret 2024 - 14:15

Bekap Vietnam 3-0, Level Timnas Naik setingkat Asia dan bersiap menuju World cup 2026

Rabu, 27 Maret 2024 - 14:12

Tips Membuat Ebatan, Kuliner Khas Lombok yang Cocok Dicicipi Saat Berbuka Puasa

Rabu, 27 Maret 2024 - 12:18

Fajar Supriadi Gojlok 5957 Kader dan Penyuluh KB dari 627 Kecamatan se-Jawa Barat tentang Pengisian KKA

Rabu, 27 Maret 2024 - 12:05

Usung Green Ramadhan, Zona Madina Dompet Dhuafa Ajak UMKM dan Masyarakat Pilah Sampah Melalui Pasar Berdaya Ramadhan al-Madinah

Selasa, 26 Maret 2024 - 14:33

Masuki Edisi ke 4, Komisi X LD PBNU gelar Literasi Digital Guna Rajut Ukhuwah di Era Digital

Berita Terbaru