Menu

Wali Kota Depok: Kartu Identitas Anak Miliki Banyak Manfaat

  Dibaca : 604 kali
Wali Kota Depok: Kartu Identitas Anak Miliki Banyak Manfaat
Wali Kota Depok, Mohammad Idris memberikan Kartu Identitas Anak dalam acara Hardiknas 2017 Kota Depok

Siarandepok.Com- Program Kartu Identitas Anak (KIA) yang digulirkan pemerintah pusat disambut baik Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Pemerintah Kota (Pemkot) Depok. Program KIA ini selain ditujukan untuk perlindungan dan pemenuhan hak konstitusional anak di Kota Depok juga banyak berikan kemudahan pada anak seperti pelayanan perbankan hingga masuk ke tempat wisata.

Wali Kota Depok Dr. KH. Mohammad Idris menuturkan, pemberian KIA ini dilakukan guna mendorong pendataan, perlindungan, dan pelayanan publik untuk mewujudkan hak terbaik bagi anak. Apalagi Kota Depok sudah dikenal sebagai kota ramah anak dan keluarga.

“Hadirnya KIA di Kota Depok, tentu akan banyak mendatangkan manfaat bagi anak,” ujar Kiai Idris, usai jadi inspektur upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), di Lapangan Balaikota Depok, Selasa (02/05).

Kartu ini, lanjut Kiai Idris, akan diberikan kepada anak umur 0 sampai 17 tahun. Program tersebut merujuk pada Undang-Undang No 24 Tahun 2013 tentang perubahan atas UU Administrasi Kependudukan. Kita juga merespon kebijakan pemerintah pusat.

“Kota Depok menindaklanjuti kebijakan pemerintah pusat, sebagai wujud pelaksanaan kebijakan nasional,” terang doktor lulusan Universitas Islam Imam Muhammad bin Saud, Riyadh, Arab Saudi.

Untuk memperoleh KIA sangat mudah. Menurut Kepala Disdukcapil Kota Depok Misbahul Munir, para orangtua yang memiliki anak berusia kurang dari 17 tahun bisa mendatangi kelurahan untuk pendataan sekaligus cetak kartu KIA. Operator di kelurahan, lanjut Misbah, sudah siap mendata dan mencetak kebutuhan KIA di Kota Depok.

“Silakan datang ke kelurahan-kelurahan setempat untuk mendapatkan KIA dengan melengkapi persyaratan yang diminta,” ujarnya.

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional