Menu

Walikota Depok : “Memilah Sampah Sebagai Edukasi Untuk Masyarakat”

  Dibaca : 350 kali
Walikota Depok : “Memilah Sampah Sebagai Edukasi Untuk Masyarakat”

Siarandepok.com- Walikota Depok mengungkapkan, bahwasanya ada beberapa hal untuk mewujudkan Kota Depok yang bersih, karena sudah memang menjadi komitmen kita bersama, Aparatur Sipil Negara (ASN) di pemerintah Kota Depok dan juga didokumetansikan pada RPJMD beserta anggota dewan sebagai wakil-wakil rakyat bahwa kita punya komitmen memiliki 3 program unggulan.

“Selain visi misi, dalam RPJMD ada yang kita unggulkan selain urusan-urusan wajib yang harus kita selesaikan, permasalahan-permasalahan Kota, ada 3 unggulan yaitu kita ingin Kota Depok menjadi Zero Waste City, kita ingin menyelesaikan permasalahan-permasalahan sampah dan tumpukan-tumpukan sampah yang ada,” ujar Kyai Idris saat acara Forum OPD DLHK di Wisma Hijau, Kecamatan Cimanggis, Senin (20/02/17).

“Memang banyak yang memandang sinis mengenai program ini, namun jika kita bersama-sama memiliki niat yang sama, maka insya Allah akan bisa terlaksana. Pandangan sinis itu harusnya bisa menjadi motivasi bagi semua pihak. Karena persoalan tentang sampah adalah salah satu hal yang krusial, sehingga harus serius ditangani. Salah satu caranya adalah dengan membiasakan diri untuk melaksanakan pemilahan sampah di rumah tangga.

“Penumpukan sampah di TPA bisa kita siasati dengan pemilahan sampah dari rumah, dengan begitu jumlah volume sampah yang masuk ke TPA akan bisa menurun dengan signifikan,” jelasnya.

Lanjutnya, “Apalagi sebuah tantangan, tantangan bagi kita bahwa sebelumnya kita agak sedikit terhibur Tahun 2017 Nambo bisa mulai beroperasi, tetapi kegembiraan kita mungkin tertunda sejenak karena memang informasinya bahkan tidak bisa dioperasikan pada Tahun 2018, mudah-mudahan ada keajaiban bisa dioperasikan pada Tahun 2018. Jika bisa dioperasikan, di Nambo bisa menampung sampah-sampah sesuai kuota dari Provinsi Jawa Barat 1500 ton per hari di Nambo,” jelas Walikota Depok.

Kyai Idris menambahkan, “Kalau Nambo bisa dioperasikan, TPA yang ada nanti bisa dikosongkan atau di Nol kan. Kita dapat juga edukasikan kepada masyarakat untuk terbiasa dan membiasakan memilah sampah.

Harapannya kita dapat bekerjasama untuk memilah sampah dan mengatasi permasalahan sampah yang ada untuk mewujudkan Kota Depok Bebas Sampah dan bersih dari sampah,” tutup Walikota Depok.

Editor:
Tags
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!