Menu

Pemkot Depok Fasilitasi Isbat Nikah Gratis Untuk Warga Yang Tidak Mampu

  Dibaca : 607 kali
Pemkot Depok Fasilitasi Isbat Nikah Gratis Untuk Warga Yang Tidak Mampu

Siarandepok.com- Acara Penandatangan kesepakatan bersama antara Pemkot Depok, Pengadilan Agama, dan Kementerian Agama senin (20/02/17) berjalan aman dan lancar. Acara tersebut berlangsung di Ruang Edelweis Lt. 5 Balaikota Depok dan dihadiri oleh Walikota Depok KH. Mohammad Idris, Wakil Walikota Depok Pradi Supriatna, Pengadilan Agama, Kementerian Agama, Camat, beberapa OPD terkait, beberapa staf ahli, serta beberapa media.

Walikota Depok, KH. Mohammad Idris dalam sambutannya mengatakan, akta nikah ini sangat diperlukan karena sebagai bukti adanya perkawinan tersebut dan jaminan bagi suami atau istri. Serta tentunya akan melindungi hak-hak anak yang lahir dari perkawinan tersebut. “Pengesahan pernikahan melalui isbat nikah yang difasilitasi Pemkot Depok, Pengadilan Agama, dan Kementerian Agama Kota Depok pada dasarnya bukan hanya untuk keperluan negara. Tapi, pada dasarnya agama juga mewajibkan untuk mengesahkan perkawinan yang sudah dilaksanakan,” jelas Wali Kota Depok.

Lanjutnya, Kyai Idris berharap agar program yang positif dan bermanfaat bagi masyarakat ini berjalan efektif, dirinya meminta kepada Disdukcapil untuk dapat berkoordinasi dengan seluruh camat dan lurah se-Kota Depok. Koordinasi diperlukan untuk dapat mendata berapa banyak warga Depok yang belum memiliki akta nikah tersebut. “Kami mendukung penuh program seperti ini diadakan di Kota Depok, karena dapat berguna bagi pasangan suami istri yang belum tercatat administrasi secara hukum. Terlebih lagi, kegiatan ini tidak dipungut biaya sepeser pun. Disdukcapil bersama camat dan lurah harus proaktif mendata warga Depok, mana saja yang belum memiliki akta nikah yang sah,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Kota Depok, Misbahul Munir mengungkapkan, untuk tahun ini isbat nikah akan dilaksanakan di 5 kecamatan se-Kota Depok dengan target peserta sampai 330 pasangan suami istri. Meskipun hanya di 5 kecamatan, untuk 6 kecamatan lainnya tetap bisa ikut pelaksanaan isbat nikah di kecamatan lain yang melaksanakan kegiatan serupa. “Untuk yang pertama kali insya Allah tanggal 24 Februari 2017 di Kecamatan Pancoran Mas. Bagi warga yang dekat-dekat dengan Kecamatan Pancoran Mas, bisa daftar ke kelurahan masing-masing,” jelas Munir.

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!