Menu

Pemkot Depok Jaga Kualitas Udara Dengan Uji Emisi

  Dibaca : 402 kali
Pemkot Depok Jaga Kualitas Udara Dengan Uji Emisi

 

Siarandepok.com- Tepat pada hari yang sama setelah apel Peringatan Hari Kesadaran Nasional, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok mengadakan kegiatan yaitu Uji Emisi Kendaraan dan Uji Udara Ambien dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional Tahun 2017. Kegiatan tersebut bertempat di depan Gedung Arsip dan Perpustakaan Kota Depok yang dihadiri oleh Walikota Depok KH. Mohammad Idris, Wakil Walikota Depok Pradi Supriatna, beberapa Staf Ahli, Dinas terkait, DLHK, pihak kepolisian Kota Depok.  Jumat (17/02/2017).

Kegiatan tersebut memiliki beberapa manfaat yaitu untuk mengetahui tingkat efektivitas proses pembakaran bahan bakar pada mesin mobil setelah dilakukan analisa kandungan CO2 dan HC dalam gas buang. Selain itu, uji emisi juga dapat membantu pemilik mobil untuk melakukan penyetelan campuran udara dan bahan bakar secara tepat, dapat mengetahui kinerja mesin mobil kita apakah dalam kondisi baik atau tidak, mengirit bahan bakar serta mengoptimalkan tenaga mesin mobil, lingkungan akan sehat karena udara bersih, manfaat yang terakhir yaitu kerusakan pada bagian-bagian mesin mobil dapat diketahui.

Walikota Depok dan Wakil Walikota Lakukan Uji Emisi

Walikota Depok KH.Mohammad Idris (Kanan) dan Wakil Walikota Depok Pradi Supriatna (Kiri), Lakukan Uji Emisi Bersama-sama

Walikota Depok Mohammad Idris mengatakan, bahwa secara administrasi pemerintahan barang-barang milik pemerintah itu bisa dilakukan update atau pembaharuan 5 tahun sekali. “Jadi setiap 5 tahun akan kita ganti, akan lakukan lelang, sebab jika kita memakai mobil yang membutuhkan perawatan yang tinggi, lebih baik kita pakai mobil yang baru yang perawatannya rendah meskipun agak mahal, karena lebih safety dan enjoy,” ujar Kyai Idris.

Lanjutnya, “Upaya Pemkot untuk menjaga kualitas udara tetap baik yaitu kita harus berkolaborasi dengan pihak kepolisian dalam hal kemacetan, berkolaborasi dengan samsat, juga berkolaborasi dengan uji emisi yaitu KIR. KIR harus ketat karena memang ranahnya pihak kepolisian, kalau KIR nya tidak lulus, tidak boleh dipakai atau tidak boleh digunakan,” tutup Walikota Depok Mohammad Idris.

Editor:
Tags
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional