oleh

Walikota Depok, Muhammad Idris resmi membuka Pendidikan Kader Ulama (PKU)

Siarandepok.com- Depok ,  Walikota Depok, Muhammad Idris, resmi membuka Pendidikan Kader Ulama (PKU) Angkatan ke 2, di Aula Gedung Majelis Ulama Indonesi (MUI) Depok, Jumat (18/11/2016). Turut serta hadir pada kesempatan tersebut Para jajaran pengurus Mejelis Ulama indonesia, Camat dan Lurah setempat, tokoh dan para sesepuh agama serta 45 lebih peserta Pendidikan Kader Ulama dengan latar belakang merupakan para asatizd, guru agama dan aktivis dakwah utusan setiap kecamatan dan pondok pesantren yang ada di Kota Depok.

Ketua.Mejelis Ulama Indoneaia (MUI) Kota Depok, K.H. A. Dimyathi Badruzzaman M.A. menekankan pentingnya kegiatan ini di laksanakan sebagai penguat peran eksistensi MUI khususnya di Kota Depok.
“Saya mengutip, sebagaimana yang di sabdakan oleh junjungan kita Nabi Muhammad SAW :

Yang Artinya “Dari Amru bin Ash, ia berkata. Saya mendengar Rosulullah SAW bersabda : ” sesungguhnya Allah tidak akan mencabut ilmu yang diberikan kepada hamba Nya, tetapi Ia mencabut ilmu dengan mewafatkan para Ulama, sehingga ketika tidak ada ulama, maka manusia mengangkat pemimpin pemimpin yang bodoh bodoh, maka ketika mereka ditanya(tentang suatu masalah), mereka menjawab tanpa dasar ilmu, maka mereka tersesat dan menyesatkan”.

Dalam kesempatan itu, Walikota Depok Mohammad Idris, dalam sambutannya memberikan arahan bahwa, Al Ulama warasatul Anbiya ” Ulama adalah pewaris  Nabi”, Ulamalah yang akan melanjutkan estafet baik fungsi dan tugas para Nabi dalam menyebarkan Dinul Islam yang Rahmatal lil Alamiin merupakan Rahmat bagi semesta alam.

” Ada & 3 fungsi utama Nabi yang kemudian diteruskan oleh Ulama :
1. Membacakan Alqur’an, serta mengenalkan tanda kekuasaan Allah (Tilawatih wa Tazkirih)
2. Menempa Jiwa (Tazkiyah ) memberikan bimbingan Rohani.
3. Mengajarkan Alqur’an (Tualimul Qur’an)
Sedangkan  3 tugas utama pata Nabi dan diteruskan oleh Ulama :
1. Khidmah, menjadi pelayan masyarakat, melalukan ishlah, perbaikan mental spiritual
Melakukan perubahan masyarakat menuju kemajuan.
Adapun mekanisme dakwah tidaklah di batasi, akan tetapi Agama Islam memberikan dasar tuntunan, swkurang kurangnya 3 hal :
1. Dengan Hikmah ( kebijaksanaan atau kearifan )
2. Mauizhoh Hasanah ( Nasihat yang baik)
3. Jidal ( metode diakusi )

Terakhir Kyai yang merupakan orang nomer satu Kota Depok itu menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada semua pihak khususnya jajaran pengurus Majelis Ulama Kota Depok, sehingga Pelatihan Kader Ulama (PKU) MUI angkatan ke 2 ini dapat terlaksana, harapannya agar para peserta pelatihan dapat mengikuti dan mengambil pelajaran dengan sungguh sungguh sampai akhir.

“semoga Allah memberikan kemudahan dan keberkahan kepada kita semua Allahumma Aamiin,” tutupnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru