Menu

Pemkot Depok Kampanyekan Pencanangan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia

  Dibaca : 660 kali
Pemkot Depok Kampanyekan Pencanangan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia

Siarandepok.Com– Tangan merupakan salah satu jalur utama masuknya kuman penyakit kedalam tubuh. Karena tangan adalah anggota tubuh yang paling sering berhubungan langsung dengan mulut dan hidung. Karena itu cuci tangan dengan air saja tidak cukup, namun mencuci tangan pakai sabun dapat mencegah penyakit. Hal tersebut dikampanyekan Walikota Depok, Mohammad Idris yang disampaikan dalam Pencanangan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (HCTPS) Sedunia Tahun 2016, yang berlangsung di Lapangan Balaikota, Selasa (18/10/2016).

Walikota Depok dalam Hari Cuci Tangan Sedunia

Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia yang jatuh tiap tanggal 15 Oktober, merupakan kampanye global yang dicanangkan oleh PBB bekerjasama dengan organisasi-organisasi lainnya baik pihak pemerintah maupun swasta untuk menggalakkan perilaku mencuci tangan dengan sabun oleh masyarakat sebagai upaya menurunkan tingkat kematian balita dan anak serta pencegahan terhadap penyakit yang dapat berdampak pada penurunan kualitas hidup manusia.

Disdik dan Walikota Peringati Hari Cuci Tangan Sedunia

“Tujuan kegiatan ini ialah menciptakan kebiasaan hidup sehat yang berkesinambungan dikalangan masyarakat Indonesia akan pentingnya Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) dalam kehidupan sehari-hari hingga menjadi suatu perilaku keseharian masyarakat,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok, dr. Lies Karmawati. Dirinya juga mengatakan gerakan Cuci Tangan Pakai Sabun juga sejalan dengan tujuanSustainable Development Goals (SDG’s) target ke 6, yaitu menjamin air bersih dan sanitasi untuk semua.

Sosialisasi Hari Cuci Tangan Sedunia bersama anak-anak

Dalam acara yang mengusung tema “Make Handwashing a Habbit” (Jadikan Cuci Tangan Sebagai Kebiasaan) diisi dengan beberapa rangkaian kegiatan yaitu senam cuci tangan, sosialisasi CTPS (Cuci Tangan Pakai Sabun) melalui story telling, lomba-lomba terkait CTPS (lomba menanam dan melukis ember), cap tangan dan praktik cuci tangan pakai sabun.

Walikota Depok, Mohammad Idris berharap kegiatan ini dapat dijadikan momentum bagi kita semua untuk menyadari akan pentingnya memelihara kebersihan dan kesehatan dengan menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) salah satunya melalui aktifitas cuci tangan dengan menggunakan sabun. “Melalui kegiatan kampanye Cuci Tangan Pakai Sabun ini diharapkan juga memberikan motivasi kepada guru dan siswa agar dapat berpartisipasi lebih aktif dalam kegiatan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), sehingga UKS bisa menjadi leading sector dalam menciptakan pola hidup bersih dan sehat di lingkungan sekolah,” ujar orang nomor satu Depok. Lebih lanjut, Walikota mengatakan jika perilaku hidup bersih dan sehat sudah ditanamkan di sekolah, maka diharapkan anak pun akan melakukan hal yang sama saat berada di rumah. Dengan kata lain mencuci tangan akan menjadi sebuah kebiasaan (habbit) dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam kesempatan tersebut, Walikota Depok melakukan aksi Cap Tangan dan Cuci Tangan didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok, Ketua TP PKK Kota Depok dan tamu undangan, sebagai simbolisasi dukungan Kampanye Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS). Kegiatan tersebut diikuti 600 orang peserta yang terdiri dari unsur Dinas Kesehatan, Puskesmas, OPD, Kepala Sekolah dan Guru, Pelajar SD, Mitra Pemerintah (PKK, Fokla, FKDS), Saka Bhakti Husada dan Komunitas Promotor Kesehatan Remaja. (Advertorial- Diskominfo)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional